Minggu, 31 Mei 2020

Tidak Hanya Pantai, 5 Gunung Di Bali Ini Mampu Jadi Pilihan Destinasi

Pulau Bali menjadi salah satu pulau yang paling terkenal akan keindahan alamnya. Tidak heran jikalau Bali senantiasa ramai dihadiri oleh para turis ajaib setiap tahunnya dari aneka macam negara di seluruh dunia untuk menikmati salah satu pemandangan alamnya ialah pantai. Kenampakan alam Bali tidak cuma sekedar pantai saja, namun juga bisa ditemukan di kawasan dataran tinggi mirip gunung dan pegunungan. Dan saat ini beberapa tempat di Bali juga sudah mempergunakan potensi alam yang berada di dataran tinggi selaku salah satu objek rekreasi selain pantai.


Berbicara perihal gunung, memang jumlah gunung yang terdapat di pulau Bali tidak sebanyak yang ada di pulau Jawa dan Sumatra. Bagi pecinta alam, gunung yang terdapat di Bali mempunyai tantangan serta ciri khas tersendiri yang mungkin tidak dapat ditemukan di gunung – gunung lain di Indonesia. Maka setiap tahunnya banyak pendaki dari lokal maupun luar menjajal untuk mendaki gunung – gunung tersebut. Lalu ada gunung apa saja yang terdapat di Bali? Berikut ialah daftarnya!



  1. Gunung Agung, Kabupaten Karang Asem


Gunung Agung merupakan salah satu gunung tertinggi di Bali berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karang Asem. Tercatat tinggi Gunung Agung sekitar 3.142 di atas permukaan bahari. Untuk menuju ke Gunung Agung, hadirin mampu menggunakan sepeda motor dari Denpasar selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan. Sedangkan lamanya pendakian Gunung Agung bisa ditempuh selama 6 sampai 8 jam yang pastinya diubahsuaikan dengan keadaan fisik pendaki serta jalur pendakian yang diseleksi. Gunung Agung tergolong gunung api aktif dan hampir setiap tahun gunung ini akan mengeluarkan bubuk vulkanik dari dalam perut bumi. Jika Gunung Agung sedang aktif atau erupsi dan mengeluarkan asap pekat, acap kali jalur penerbangan akan terganggu akibat terhalang oleh asap serta terlalu berbahaya untuk melakukan penerbangan.



  1. Gunung Batukaru, Kabupaten Tabanan


Gunung Batukaru berada di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan ini juga tidak boleh terlewati utamanya bagi para pendaki. Gunung yang menduduki posisi kedua setelah Gunung Agung selaku gunung tertinggi di Bali ini memiliki tinggi sekitar 2.276 meter di atas permukaan maritim (mdpl). Untuk bisa meraih Gunung Batukaru mampu dikerjakan dengan berkendara terlebih dahulu dari Kota Denpasar menggunakan sepeda motor selama 2 jam, dan dilanjutkan dengan melaksanakan pendakian selama 3 – 4 jam untuk bisa hingga ke puncak Gunung Batukaru, tergantung dari kondisi fisik pendaki, cuaca sampai medan. Rasa lelah dikala mendaki akan terbayar alasannya dari puncak gunung akan tampakkeindahan danau dan juga terdapat Pura Puncak Kedaton. Makara sebaiknya bila berkunjung di Gunung Batukaru harus mengetahui apalagi dahulu acara upacara atau sembahyang, hal ini untuk menghormati masyarakat sekitar yang ingin beribadah di puncak Gunung Batukaru.



  1. Gunung Abang, Kabupaten Bangli


Satu lagi tempat yang menjadi favorit bagi para pelancong jika berkunjung ke Bali yakni Kintamani. Di sini terdapat banyak terdapat gunung dan salah satunya berjulukan Gunung Abang. Gunung Abang berada memiliki tinggi hingga 2.152 meter di atas permukaan bahari, tak aneh bila Gunung Abang menjadi gunung tertinggi ketiga sehabis Gunung Agung dan Gunung Batukaru. Untuk hingga ke gunung ini, pengunjung mampu melakukan perjalanan darat apalagi dulu dengan memakai kendaraan kurang lebih selama 2 jam dari Kota Denpasar.


Jika telah hingga di lokasi, pengunjung harus melakukan pendakian terlebih dahulu yang mengkonsumsi waktu sekitar lebih dari 3 jam perjalanan untuk hingga di Puncak Gunung Abang. Perlu diketahui jika Gunung Abang berada di antara Gunung Batur di segi sebelah barat dan Gunung Agung. Jadi tidak aneh bila sudah sampai di puncak gunung, panorama yang disuguhkan sangat indah yakni tidak cuma mampu melihat Gunung Abang di sebelah timur tetapi juga daya tarik dari Danau Batur dan juga Kintamani. Hal yang mempesona dari Gunung Abang adalah tempat tersebut merupakan titik tertinggi dari pematang kaldera yang juga mengelilingi Gunung Batur dengan luas sekitar 13,8 x 10 km.



  1. Gunung Catur, Kabupaten Tabanan


Sebagai gunung tertinggi ke empat di Bali, Gunung Catur mempunyai tinggi sekitar 2.096 meter di atas permukaan bahari. Gunung Catur tergolong gunung yang telah tidak aktif lagi jadi sangat kondusif untuk dikunjungi. Lokasi Gunung Catur berada di sebuah tempat kaldera Bedugul, Kabupaten Tabanan mempunyai puncak yang cukup terkenal adalah Puncak Mangu. Di puncak ini terdapat sebuah pura yang sampai saat ini masih menjadi kawasan sembahyang dan ibadah untuk penduduk Hindu Bali.


Selama melakukan pandakian, hadirin akan disuguhkan pemandangan yang asri dan alami, alasannya masih dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk. Bagi pendaki pemula pun, jalur pandakian juga cukup ramah dan landai, dan menjadi sedikit curam bila telah mendekati puncak. Jika sukses mencapai puncak, hadirin akan melihat dua pohon besar yang saling mengapit dan penduduk lokal yakin kedua pohon tersebut yaitu pintu gebang menuju Pura Puncak Mangu. Perlu dikenang juga, di daerah ini hadirin harus bersikap sopan, menggunakan pakaian yang layak alasannya adalah ini yakni tempat yang sakral dan daerah ibadah.



  1. Gunung Batur, Kabupaten Bangli


Gunung yang terdapat di Kabupaten Bangli ini mempunyai ketinggian sekitar 1.717 meter di atas permukaan bahari dan berada di kawasan Kintamani. Di daerah ini juga menjadi titik terbaik untuk menyaksikan matahari terbit, maka tak aneh jika banyak pelancong kesengsem untuk datang dan melihat fenomena sunrise tersebut.


Untuk menuju ke Gunung Batur, bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor terlebih dahulu dari Denpasar selama kurang dari 2 jam perjalanan, kemudian untuk mencapai puncak Gunung Batur mesti melakukan pendakian selama kurang lebih 2 – 3 jam, tergantung dari keadaan fisik pendaki, cuaca, serta medan atau jalur pendakian. Jika telah berhasil mencapai Puncak Gunung Batur, pengunjung atau pendaki mampu menikmati pemandangan indah lainnya seperti kaldera yang berasal dari letusan Gunung Batur serta Danau Batur dengan airnya yang menarik.


Itulah tadi beberapa info perihal gunung – gunung populer yang ada di Bali. Semoga gosip di atas bisa bermanfaat.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon