KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengelompokkan komoditas hasil pertanian Lingkup Materi : Penanganan bahan Materi : K omoditas hasil pertanian Level Kognitif : Pengetahuan dan Pemahaman (L1) Indikator Soal : Siswa mampu mengelompokkan komoditas hasil pertanian Soal Secara umum hasil pertanian dan perikanan dapat di kelompokkan ke dalam kelompok besar yang biasanya didasarkan pada sumber komoditas tersebut diperoleh/dihasilkan, yaitu kelompok bahan nabati dan bahan hewani. Yang termasuk kelompok bahan nabati antara lain : A. Buah-buahan, sayuran, dan rempah B. Kerang, lele dan gurami C. Kacang-kacangan, telur dan bebek D. Kambing, ikan tombro dan lele E. Sapi, dan kambing Kunci A. , buah-buahan, sayuran, , rempah-rempah KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menjelaskan teknik-teknik sortasi dan grading bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen Lingkup Materi : Penanganan bahan Materi : Teknik sortasi dan grading Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Diberikan suatu pernyataan, peserta didik mampu mengenali teknik sortasi dan grading bahan sesuai dengan standar yang berlaku/standar konsumen Soal Konsumen selalu memilih buah-buahan yang memiliki ukuran besar karena dianggap lebih bermutu diban dingkan dengan buah-buah berukuran lebih kecil, maka hal yang dilakukan oleh perusahaan adalah : A. Pemisahan buah yang cacat B. Memilih buah yang memberikan cita- rasa lebih baik C. Menggolonkan buah masak dan belum masak D. Memilih penanganan per unit berat lebih murah E. Pemisahan buah berdasarkan ukuran Kunci E. Pemisahan buah berdasarkan ukuran KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menyebutkan beberapa bahan aditif yang diijinkan Lingkup Materi : Dasar Proses Materi : Bahan aditif yang diijinkan Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Diberikan pernyataan , Peserta didik mampu mengidentifikasi beberapa bahan aditif yang diijinkan Soal BTM ada yang diizinkan ada juga yang dilarang pemakaiannya. BTM yang d iijinkan untuk digunakan adalah : A. Asam Borat dan Asam Sitrat B. Asam Benzoat dan Asam Sitrat C. Asam Salisilat dan Asam Borat D. Rodhamin dan Asam Borat E. Formalin dan Rodhamin Kunci B. Asam Benzoat dan Asam Sitrat KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi Lingkup Materi : Dasar Proses Materi : Metode penggunaan suhu tinggi Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Peserta didik mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi Soal Pada proses pengolahan susu cair menggunakan suhu tinggi dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu: A. High Temperature Short Time (HTST) dan Blansing B. Ultra High Temperature dan Low Temperature Long Time (LTLT) C. Contact freezing dan Low Temperature Long Time (LTLT) D. Contact freezing dan High Temperature Short Time (HTST) E. Blansing dan contact freezing Kunci B. Ultra High Temperature dan Low Temperature Long Time (LTLT) KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengenali kerusakan mekanis yang dapat menurunkan mutu bahan hasil pertanian Lingkup Materi : Dasar Pengendalian Mutu Materi : Kerusakan mekanis yang dapat menurunkan mutu bahan hasil pertanian Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Peserta didik mampu mengenali kerusakan mekanis yang dapat menurunkan mutu bahan hasil pertanian Soal Memar dialami oleh bahan pangan yang disebabkan karena : A. Tertusuk B. Tergores C. Terpotong D. Hawa dingin E. Terbanting Kunci E. Terbanting KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menghitung jumlah bahan kimia dengan % untuk membuat larutan garam Lingkup Materi : Dasar Pengendalian Mutu Materi : Menghitung jumlah bahan kimia dalam persentase ( % ) Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Peserta didik mampu menghitung jumlah bahan kimia dengan % untuk membuat larutan garam Soal Garam seberat 25 gr ditambahkan air hingga volume 100 ml, lalu diaduk sampai larut sempurna. Berapakah konsentrasi larutan tersebut…. A. 5 % B. 15 % C. 25 % D. 35 % E. 45 % Kunci C. 25 % KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menerapkan HACCP pengolahan tahu. Lingkup Materi : Keamanan pangan Materi : Menerapkan HACCP Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Disajikan diagram alir proses pengolahan tahu,peserta didik mampu menerapkan HACCP pengolahan tahu Soal Diagram proses pengolahan tahu digambarkan sebagai berikut : 1 2 3 Perendaman penghancuran pemasakan 5 4 Tahu pengernpresan pengu m p a lan Berdasarkan diagram diatas, Critical Control Point (CCP) tahapan proses pembuatan tahu terdapat pada nomor.... A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 Kunci C . 3 KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu memberikan contoh penerapan hazard analisis control & critical control point (HACCP) Lingkup Materi : Keamanan pangan Materi : Contoh penerapan hazard analisis control & critical control point (HACCP) Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa mampu memberi contoh penerapan hazard analisis control & critical control point (HACCP) Soal Produk yang memerlukan penerapan HACCP dalam proses pengolahannya , antara lain …. A. Pengolahan Susu dan penggilingan padi B. Pembuatan Es krim dan Pengolahan biji kopi C. Pengalengan ikan Pengolahan tepung tapioka D. Pengolahan Susu dan Pengalengan daging E. Pengalengan dagng dan Pengemasan buah segar Kunci D. Pengolahan Susu dan Pengalengan daging KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menerapkan teknik konversi bahan mempengaruhi dalam proses pengolahan Lingkup Materi : Dasar Proses Materi : Menerapkan teknik konversi bahan Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Siswa mampu menerapkan teknik konversi bahan mempengaruhi dalam proses pengolahan. Soal Teknik pengecilan ukuran pada pembuatan jam nanas dilakukan dengan... A. Penggilingan dan penghancuran B. Pengirisan dan pencacahan C. Pemotongan dan penghancuran D. Pemotongan dan pengirisan E. Pemotongan dan pencacahan Kunci C. Pemotongan dan penghancuran KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menjelaskan tujuan penggunaan bahan tambahan makanan Lingkup Materi : Dasar Proses Materi : P enggunaan bahan tambahan makanan Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa mampu menjelaskan tujuan penggunaan bahan tambahan makanan Soal Salah satu tujuan penggunaan Bahan Tambahan Makanan (BTM) yaitu.... A. Menurunkan biaya produksi agar lebih murah B. Menipu konsumen agar terkecoh makanan yang tidak baik C. Menyembunyikan cara pengolahan yang tidak baik D. Memperbaiki sifat organoleptik bahan olahan pangan E. Menaikkan biaya produksi Kunci E. Memperbaiki sifat organoleptik bahan olahan pangan KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menyebutkan factor-faktor mutu bahan hasil pertanian Lingkup Materi : Dasar Pengedalian Mutu Materi : Faktor-faktor mutu bahan hasil pertanian Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa mampu menyebutkan factor-faktor mutu bahan hasil pertanian Soal Faktor fisik yang dapat menentukan mutu bahan,yaitu.... A. Aroma, rasa dan warna B. Kotoran serangga dan benda asing C. Protein, lemak dan karbohidrat D. Volume, kerapatan dan kekenyalan E. Berat, volume dan nilai gizi Kunci D. Volume, kerapatan dan kekenyalan KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi Lingkup Materi : Dasar Proses Materi : Memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Siswa mampu memilih metode yang tepat dalam penggunaan suhu tinggi Soal Cara pengeringan yang paling tepat untuk diterapkan dalam pembuatan susu bubuk adalah.... A. Sun drying B. Freeze drying C. Spray drying D. Oven drying E. Vacum drying Kunci C. Spray drying KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengelompokan teknik pengendalian air bahan dalam pengolahan. Lingkup Materi : Dasar proses Materi : Mengidentifikasi teknik pengendalian kandungan air secara tradisional Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa mampu mengelompokan teknik pengendalian air bahan dalam pengolahan Soal Metode pengeringan secara alami (tradisional) memiliki kelebihan, diantaranya ... A. Memerlukan luas lahan B. Tingkat kehigienitasnya tinggi C. Biaya Murah D. Memerlukan keahlian khusus E. Tergantung cuaca Kunci C. Biaya murah KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu Menjelaskan pengertian mutu bahan hasil pertanian Lingkup Materi : Pengendalian mutu Materi : Menjelaskan pengertian mutu Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa mampu Menjelaskan pengertian mutu bahan hasil pertanian Soal Berdasarkan ISO8402:1992, mutu didefinsilkan sebagai.... A. Atribut yang dimiliki bahan atau produk pangan yang dapat dinilai secara organoleptik B. Derajat penerimaan konsumen terhadap produk yang dikonsumsi berulang C. Karakteristik menyeluruh yang menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan. D. Karakteristik fisik atau karakteristik tampak yang meliputi penampilan yaitu warna, ukuran, bentuk dan cacat fisik E. Kualitas bahan pangan berdasarkan sifat fisik Kunci C. Karakteristik menyeluruh yang menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan yang telah ditentukan. KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Sisiwa mampu merancang system pemantauan untuk setiap TKK dan penetapan tindakan. Lingkup Materi : Pemantauan setiap titik kendali kritis Materi : Merancang sistem pemantauan dan penetapan tindakan Level Kognitif : L3 Indikator Soal : Sisiwa mampu merancang system pemantauan untuk setiap TKK dan penetapan tindakan Soal Pada pembuatan bakso, tahapan kritis yang harus dikendalikan dengan benar agar menghasilkan produk yang bermutu tinggi adalah pada proses.... A. Penimbangan B. Pencacahan daging C. Pencampuran Bahan D. Perebusan E. Pendinginan Kunci C . Pencampuran bahan KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengklasifikasi alat gelas dan nongelas yang digunakan dalam analisis gravimetri Lingkup Materi : Mengklasifikasi alat g e las Materi : Mengklasifikasi alat glas yang digunakan dalam analisis gravimetri Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Siswa mampu mengklasifikasi alat gelas dan nongelas yang digunakan dalam analisis gravimetri Soal Alat gelas yang digunakan dalam analisis gravimetri yang berfungsi untuk menyimpan, memanaskan dan mencampur senyawa kimia adalah.. A. Gelas ukur B. Cawan petri C. Labu erlemenyer D. Tabung Reaksi E. Spatula Kunci C. Labu erlemenyer KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik buah manga sesuai dengan standar SNI Lingkup Materi : Dasar pengendalian mutu Materi : Mengidentifikasi karakteristik buah mangga sesuai dengan standar SNI Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa mampu mengidentifikasi karakteristik buah manga sesuai dengan standar SNI Soal Ketentuan ukuran mangga dibagi berdasarkan kode ukuran dan bobot mangga, berdasarkan SNI kode ukuran 2 bobotnya adalah ... A. > 450 gr B. 351-450 gr C. 251-350 gr D. 151-250 gr E. Kunci B . 351-450 gr KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa bisa menerangkan perundangan kuliner halal Lingkup Materi : Perundangan makan halal Materi : Menyebutkan perundangan makanan halal Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa bisa menjelaskan perundangan kuliner halal Soal Perundang-undangan wacana jaminan produk halal dikelola pada... A. UU No 33 Tahun 2014 B. UU No. 33 Tahun 2004 C. UU No. 33 Tahun 2016 D. UU No. 18 Tahun 2012 E. UU No. 28 Tahun 2012 Kunci A . UU Np.33 Tahun 2014 KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menerapkan teknik konversi bahan dalam proses pembuatan Lingkup Materi : Dasar proses Materi : Menentukan teknik konversi dalam proses pengolahan Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Siswa bisa menerapkan teknik konversi bahan dalam proses pembuatan Soal Perhatikan pernyataan proses pengecilan ukuran berikut ini ! 1. Mengecilkan buah menciptakan sari buah 2. Mengecilkan singkong untuk gaplek 3. Mengecilkan daging sapi untuk pembuatan sosis 4. Mengecilkan pepaya untuk manisan Berdasarkan berita di atas, yang tergolong proses penggilingan ialah.... A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 4 D. 3 dan 4 E. 2 dan 3 Kunci : B. 1 dan 3 KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menganalisis pengujian materi hasil pertanian Lingkup Materi : dasar pengendalian kualitas Materi : Menganalisis pengujian materi hasil pertanian Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Siswa mampu menganalisis pengujian materi hasil pertanian Soal K inesthetics atau sensory characteristics yang ialah salah satu dari karakteristik mutu ditentukan dengan .... A. Indra peraba ( finger feel ) B. Indra penciuman C. Indra indera pendengaran D. Indra perasa E. Indra pandangan Kunci : A . Indra peraba (finger feel) KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu menganalisis mekanisme kerja masing-masing bahan pemanis makananyang digunakan dalam pembuatan roti anggun Lingkup Materi : Dasar Proses Materi : Menganalisis prosedur kerja materi yang digunakan dalam pembuatan roti Level Kognitif : L3 Indikator Soal : Siswa bisa menganalisis prosedur kerja masing-masing materi perhiasan makananyang dipakai dalam pengerjaan roti anggun Soal Roti yang empuk dapat diperoleh dengan menyertakan bahan yang berfungsi selaku emulsifier . Bahan yang dimaksud ialah.... A. Gula B. Kuning telur C. Ragi D. Susu E. Tepung Kunci : B . Kuning Telur KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu Menerapkan pengujian kualitas bahan hasil pertanian secara fisis-mekanis Lingkup Materi : Dasar pengendalaian kualitas Materi : Menerapkan pengujian mutu bahan hasil pertanian secara fisis-mekanis Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Siswa mampu Menerapkan pengujian mutu materi hasil pertanian secara fisis-mekanis Soal Salah satu metode pengujian secara fisik pada materi pangan ialah.... A. Mengukur bobot jenis B. Mengukur kadar vitamin C. Mengukur kadar protein D. Menetapkan gula invers E. Mengukur mineral Kunci : A . Mengukur bobot jenis KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa bisa Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan persyaratan yang berlaku/standar konsumen Lingkup Materi : Penanganan bahan Materi : Prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi materi Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Disajikan beberapa pernyataan, siswa bisa menentukan penerapan dressing dengan benar Siswa bisa Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan kriteria yang berlaku/patokan konsumen Soal Perhatikan komoditas hasil pertanian berikut, yaitu beras, wortel, ikan, ubi jalar, telur, dan tomat. Dari acuan tersebut yang ialah komoditas jenis perishable food ialah …. A. ikan dan ubi jalar B. wortel dan beras C. beras dan telur D. ikan dan wortel E. telur dan ubi jalar Kunci D. ikan dan wortel KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa bisa Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan kriteria yang berlaku/kriteria pelanggan Lingkup Materi : Penanganan bahan Materi : Prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi materi Level Kognitif : L2 Indikator Soal : Siswa bisa Menerapkan prinsip dan teknik-teknik membersihkan/mengepris/menyiangi bahan sesuai dengan kriteria yang berlaku/persyaratan konsumen Soal Perhatikan pernyataan berikut : 1) menghilangkan kulit pada wortel, 2) mengeluarkan isi perut/jeroan pada sapi, 3) pemotongan bab ekor pada kambing, 4) menjemur pada ubi jalar sesudah panen semoga tanah mengering, 5) memisahkan bagian inti dari buah nanas. Yang tergolong pada acara dressing adalah .... A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 4 dan 5 E. 3 dan 5 Kunci B. 2 dan 3 KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : siswa mampu menerangkan dari pengecilan ukuran Lingkup Materi : Dasar proses Materi : Pengecilan ukuran Level Kognitif : L1 Indikator Soal : Siswa dapat mengidentifikasi alat yang sesuai untuk melaksanakan pengecilan ukuran Soal Alat pengecilan ukuran dengan beberapa buah pemukul yang berputar pada suatu sumbu dan saringan yang berfungsi merusak buah-buahan menjadi bubur buah adalah A. Hammer mill B. Burr mill C. Gyratory mill D. Roll mill E. Jaw crusher Kunci A. Hammer mill KARTU SOAL PILIHAN GANDA Kompetensi yang diuji : Siswa mampu mendeteksi adanya materi pelengkap makan yang tidak diijinkan pihak yang berwenang. Lingkup Materi : Dasar pengendalian kualitas Materi : materi komplemen makan yang tidak diijinkan Level Kognitif : L3 Indikator Soal : Siswa bisa mendeteksi adanya materi embel-embel masakan yang tidak diijinkan oleh pihak berwenang Soal Pada uji kualitatif tahu, jika terbentuk warna ungu pada bahan maka tahu tersebut nyata menggunakan .... A. boraks B. formalin C. pengawet D. pengenyal E. MSG Kunci B. formalin
Sumber http://lets-sekolah.blogspot.com
pop
Wednesday, July 22, 2020
Soal Dan Kartu Dasar Kejuruan Mutu Pangan
Diterbitkan July 22, 2020
Artikel Terkait
- Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian : Teknik Pe
- 1. Sebulan yang lalu Mikail diberhentikan dari perusahaannya, alasannya adalah
- 1. Salah satu teknik pembuka rapat adalah... A. Mengulan
- Pilihlah jawaban yang paling benar 1. Salah satu unsur unsur seni rupa yang p
- 1. Berikut ini yang tidak termasuk alat musik tradisional adalah …. A
- I. Pilihlah balasan di bawahn ini yang kau anggap paling benar! 1.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
EmoticonEmoticon