Thursday, July 2, 2020

Soal Teori Kejuruan Upw Dan Kunci Tanggapan

  KARTU   SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2017-2018                           Mate Pelajaran   : TEORI KEJURUAN UPW                              Banyak Soal        :   45                              Bentuk Soal                  :   Pilihan Ganda                              Bentuk Penilaian         :   Tertulis     Kompetensi yang diuji                  :   Memproses dokumen perjalanan selain Dokumen Perjalanan Udara Indikator                                             :   Sumber-sumber dan dokumen info industri diinterpretasikan,                                                               tergolong hal-hal berikut : -     Jadwal, Data pemesanan baik manual maupun komputerisasi -     Informasi pada selebaran -     Jadwal/kala berlaku tariff -     Panduan Visa -     Panduan paspor No. Soal                                          : 01 S o a l                                              : Agar wisatawan asing mampu tinggal di Indonesia, maka mereka mesti mengajukan   ..... terhadap pemerintah Indonesia a. exit permit     b. fiskal    c. visa     d. paspor      e. ijin berlibur Kunci Jawaban                              : c     Kompetensi yang diuji                 : Memperbaharui info wacana daerah lokal Indikator                                         : Sumber-sumber informasi kawasan setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar . Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada kala yang mau datang . Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh konsumen diidentifikasi dan ditawarkan, termasuk :   Sarana transportasi setempat , Obyek/atraksi rekreasi setempat , Bea Cukai , Peraturan-peraturan daerah lokal                                              e konomi tempat setempat No. Soal                                            : 02 S o a l                                             : Unsur-unsur yang terdapat dalam sapta pesona adalah, kecuali .....   a. indah                       b. ramah tamah               c. higienis                       d. kenangan                  e. hening Kunci Jawaban                           : e       Kompetensi yang diuji        : Memuktahirkan gosip industri pariwisata Indikator                                 : Membagi ilmu ter - sekarang dengan pelan g gan dan rekan kerja secukupnya dan   diaplikasikan dalam acara kerja sehari hari No. Soal                                    : 03 S o a l                                         : Sekarang ini MICE tengah tumbuh menjadi indutri yang dapat diandalkan    di dunia. Apa kepanjangan dari MICE ? a. Meeting, Incentives, Conference & Exhibition b. Merge, Industry Conference & Exhibition c. Meeting, Incentives, Conflic & Exhibition d. Mart, Incentives, Conference &Exhibition e. Meeting, Institution Meeting, Incentives Conference & Event Kunci Jawaban                     : a             Kompetensi yang diuji       :    Mengemas produk dan jasa pariwisata Indikator                                    :   P roduk dikembangkan dalam kontek   rencana bisnis dan fokus pemasaran        organisasi. Tujuan tiap-tiap produk diidentifikasi dengan konsultasi dengan sobat kerja dan konsumen yang sempurna No. Soal                                   : 04 S o a l                                         : Badan perjuangan yang menyelenggarakan aktivitas usaha perjalanan wisata ke dalam negeri atau ke mancanegara, disebut .... a. kantor imigrasi   b. ticketing       c. biro perjalanan          d. maskapai penerbangan              e. biro perjalanan rekreasi Kunci Jawaban                    : e     Kompetensi yang diuji       : Memproses pemesanan jasa penerbangan udara Indikator                                   : Ketersediaan permintaan reservasi ditetapkan dengan benar                                            dan disampaikan kepada konsumen dengan sopan No. Soal                                   : 05 S o a l                                      : Kode special requirement untuk kuliner bagi pengidap diabetes, yaitu. a. CHML       .            b. VGML         c. NSML          d. DBML         e. MML Kunci Jawaban                    : d       Kompetensi yang diuji         : Melakukan komunikasi melalui telepon Indikator                                   :   Setiap panggilan telepon direspon   dengan cepat, terang dan sopan sesuai patokan perusahaan No. Soal                                    : 06 S o a l                                        : Keberhasilan komunikasi sungguh dipengaruhi oleh ketrampilan berbicara      dan mendengar secara efektif. Berikut ini aspek utama yang perlu diperhatikan dalam suasana obrolan, yaitu ….   a.Kebersihan diri                         b. Menilai pembicaraan              c.Presentasi yang panjang                        d. Kepekaan pendengaran         e. Penampilan yang menarik Kunci Jawaban                       : d   Kompetensi yang diuji               : Melakukan komunikasi melalui telepon Indikator                                          : Setiap panggilan telepon direspon   dengan cepat, terperinci dan                                                   sopan sesuai standar perusahaan No. Soal                                          : 07   S o a l                                              :   Apabila kita mengatakan dengan memakai telepon supaya pesan bisa diterima dengan baik, maka jarak antara bibir dan corong gagang telepon yang diusulkan yaitu ….. a. Sekitar 1 jari            b. Sekitar 2 jari             c. Sekitar 3 jari             d. Sekitar 4 jari           e. Sekitar 5 jari Kunci Jawaban                            : c     Kompetensi yang diuji                :   Menyusun pembukuan keuangan Indikator                                           :   Jurnal yang sempurna diseleksi untuk membuat transaksi. Pengisian jurnal   dilaksanakan secara akurat dan sempurna. No. Soal                                           :   08   S o a l                                               :   Sumber-sumber pembukuan dapat mencakup dibawah ini, kecuali ..... a. kuintasi                 b. bukti setoran bank       c. faktur penjualan      d. cek         e. jumlah duit Kunci Jawaban                             : e                 Kompetensi yang diuji           : Memproses reservasi jasa penerbangan udara Indikator                                      : Ketersediaan usul reservasi ditetapkan dengan benar                                                dan disampaikan terhadap pelanggan dengan sopan No. Soal                                        : 09   S o a l                                       : Statement of intention to use reserved space if not done so late                                the space may be resold by the airline …..                                a. Reservation                   b. Confirm        c. Reconfirmation                                                   d. Check in                        e. Cancellation   Kunci Jawaban                              : a   Kompetensi yang diuji               : Menerbitkan tiket penerbangan internasional Indikator                                          : Sumber-sumber isu penerbangan internasional diidentifikasi    dan diakses dengan benar . Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, termasuk: -     Pembagian daerah IATA -     Global Indicator -     International Sales Indicator -     Airline terminology -     Peraturan lazim dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan No. Soal                                           : 10 S o a l                                                : Di bawah ini terdapat 3 kota yang terletak di area I (IATA Area 1)   adalah ….. a. SFO, SOC, WA                  b. SFO, HNL, MNL                            c. SFO, LON, TYO                d. SFO, MEL, PAR                 e. SFO, LAY, YUR   Kunci Jawaban                              : e       Kompetensi yang diuji                : Menerbitkan tiket penerbangan internasional Indikator                                          :   Sumber-sumber info penerbangan internasional diidentifikasi dan diakses dengan benar . Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, tergolong: -     Pembagian kawasan IATA -     Global Indicator -     International Sales Indicator -     Airline terminology -     Peraturan umum dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan   No. Soal                                           : 11 S o a l                                           : Rute : LAX – OSA – MNL, tiket diterbitkan di LAX. Sales indicator untuk rute tersebut yaitu SITI jika tiket dibayar di a. TYO            b. NYC            c. LAX            d. OSA            e. BKK   Kunci Jawaban                              : c       Kompetensi yang diuji          : Memperbaharui info ihwal tempat lokal Indikator                                    : Sumber-sumber info kawasan lokal diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang hendak tiba . Jenis-jenis informasi yang sering diminta/ditanyakan oleh konsumen diidentifikasi dan ditawarkan, termasuk : Sarana transportasi setempat Obyek/atraksi rekreasi setempat Bea Cukai , Peraturan-peraturan kawasan setempat Ekonomi daerah setempat   No. Soal                                    : 12 S o a l                                           : Orang Indonesia yang dikarenakan tugasnya harus tinggal diluar negeri, lalu kembali ke Indonesia dan melakukan perjalanan wisata di wilayah negara sendiri, orang tersebut tergolong ….. a. domestic foreign tourist                      b. domestic tourist                      c. foreign tourist              d. indigenous foreign tourist       e. transit tourist   Kunci Jawaban                      :   d           Kompetensi yang diuji              :   Mengemas produk dan jasa pariwisata Indikator                                         :   Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar    khusus berhubungan dengan: -     Anggaran -     Kesukaan terhadap produk/layanan -     Kendala waktu -     Kegunaan                                                      Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum   Jika dibutuhkan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.                                                      Program dijumlah pembiayaannya berdasarkan keperluan perusahaan dengan mengamati hal-hal yang perlu berikut: -     Komisi -     Kontrak persetujuan -     Mark up/batas keuntungan yang diharapkan -     Prosedur dan syarat pembayaran -     Implikasi nilai tukar uang -     Biaya karyawan -     Biaya promosi -     Biaya telekomunikasi   No. Soal                                           : 13 S o a l                                            : Kenari tour & travel, Yogyakarta mengoperasikan Yogyakarta Full day tour dengan jumlah penerima 8 pax ,   1 FOC tamu, dimana harga komponen tour sebagai berikut …. ELF/Pregio                             : Rp. 450.000/day Driver’s + co driver                : Rp. 150.000,- Cost of guide                         : Rp. 15.000/hour Parking                                  : Rp. 75.000 Enterence fee 3 objects          : Rp. 125.000 Ramayana ballet ticket           : Rp. 200.000 (incld dinner) Lunch                                     : Rp. 50.000 Tips/sevice                              : Rp. 50.000 Berdasarkan data diatas, kalau mark up 10% dan agency commission 10%, harga publish dengan pembulatan ke atas ialah …. a. Rp. 640.000,-                      b. Rp. 643.000,-           c. Rp. 645.000,-d. Rp. 649.000,-                    e. Rp. 650.000,-   Kunci Jawaban                              :             Kompetensi yang diuji                    : Memutakhirkan gosip lazim bagi pramuwisata Indikator                                             :   Sumber-sumber informasi yang sering digunakan oleh pramuwisata diidentifikasi dan diakses dengan sempurna . Kemampuan dan kehandalan sumber berita dievaluasi . Informasi didapatkan dengan cara mengamati budaya dan lingkungan . Informasi diuji dan dipilih menurut keperluan pelanggan kini dan berpeluang konsumen . Jika diperlukan, materi tumpuan eksklusif dibentuk dan diperbaharui dalam tata cara kearsipan yang memungkin-kan diakses dengan segera dan efisien No. Soal                                              : 14 S o a l                                               :   Seseorang yang bekerja pada suatu BPW untuk sementara atau paruh waktu, dan dia mampu bekerja juga untuk organisasi lain. Dibayar untuk setiap pekerjaan yang dilaksanakan, adalah pengertian dari …… a. pramuw i sata tetap                        b. pramuw i sata lepas                c. pramuwisata regional                   d. pramuw i sata local    e. pramuwisata perorangan   Kunci Jawaban                             :   b       Kompetensi yang diuji                 : Memperbaharui berita wacana kawasan setempat Indikator                                         : Sumber-sumber informasi tempat setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang akan datang . Jenis-jenis info yang sering diminta/ditanyakan oleh konsumen diidentifikasi dan disediakan, termasuk : Sarana transportasi setempat Obyek/atraksi wisata setempat Bea Cukai , Peraturan-peraturan daerah setempat Ekonomi daerah lokal   No. Soal                                           : 15 S o a l                                                : Pelataran candi tempat pementasan Se n dra Tari Ramayana yaitu a.     Candi Sewu                                 d.   Candi Pawon b.     Candi Mendut                             e.    Candi Prambanan c.     Candi Borobudur   Kunci Jawaban                              : e       Kompetensi yang diuji                 : Memperbaharui informasi tentang daerah setempat Indikator                                          : Sumber-sumber informasi kawasan lokal diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada periode yang mau tiba . Jenis-jenis gosip yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan ditawarkan, termasuk : Sarana transportasi setempat Obyek/atraksi rekreasi setempat Bea Cukai , Peraturan-peraturan kawasan lokal Ekonomi tempat setempat   No. Soal                                           : 16 S o a l                                                : Seorang pramuwisata dalam membuka info dalam pemanduan      wisata, hendaknya menyingkir dari penghidangan informasi rekreasi yang bersifat … a.     Terkini dan proaktif                                   d.   Akurat dan terkini b.     Inovatif dan sensitive                                e.   Negatif dan proaktif c.     Positif dan valid   Kunci Jawaban                               : e   Kompetensi yang diuji                : Memperbaharui info perihal daerah lokal Indikator                                          : Sumber-sumber berita kawasan setempat diidentifikasi dan diakses dengan benar Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada kurun yang mau datang . Jenis-jenis berita yang sering diminta/ditanyakan oleh konsumen diidentifikasi dan ditawarkan, termasuk : Sarana transportasi lokal Obyek/atraksi rekreasi lokal Bea Cukai , Peraturan-peraturan kawasan setempat Ekonomi daerah lokal   No. Soal                                           : 17 S o a l                                           : Yang dimaksud dengan “itinerary” dalam suatu tour, adalah ..... a. sketsa dan harga paket perjalanan rekreasi b. lokasi dan route objek wisata c. route, acara dan informasi perjalanan d. aturan dan sangsi pembayaran paket tour e. waktu istirahat dan lamanya perjalanan rekreasi   Kunci Jawaban                              : c       Kompetensi yang diuji                : Mengemas produk dan jasa pariwisata Indikator                                          : Program dikembangkan untuk menyanggupi cita-cita elanggan/pasar    khusus berhubungan dengan: -     Anggaran -     Kesukaan kepada produk/layanan -     Kendala waktu -     Kegunaan                                                      Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk menciptakan nilai dan daya jual yang maksimum   Jika diharapkan, persetujuan dibentuk bersama penyuplaidan dikonfirmasikan secara tertulis menurut mekanisme perusahaan.                                                      Program dijumlah pembiayaannya menurut keperluan perusahaan dengan mengamati hal-hal yang perlu berikut: -     Komisi -     Kontrak kesepakatan -     Mark up/batas keuntungan yang diharapkan -     Prosedur dan syarat pembayaran -     Implikasi nilai tukar duit -     Biaya karyawan -     Biaya penawaran khusus -     Biaya telekomunikasi   No. Soal                                           : 18 S o a l                                               : Biaya yang jumlahnya tidak berubah dan tidak kuat dengan berubahnya (bertambah/berkurang) jumlah penumpang/tamu, disebut a. variable cost            b. fixed cost     c. additional cost          d. tambahancost                e. fit cost   Kunci Jawaban                             : b       Kompetensi yang diuji            : Memuktahirkan gosip industri pariwisata Indikator                                      : Membagi ilmu te r kini dengan pelang gan dan rekan kerja secukupnya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari   No. Soal                                       : 19 S o a l                                               : Standard room dengan kemudahan dua tempat tidur ukuran single, dikenal dengan perumpamaan .... a. single             b. double          c. twin              d. sharing         e.ekstrabed   Kunci Jawaban                          : c       Kompetensi yang diuji           :   Memuktahirkan informasi industri pariwisata Indikator                                      :   Membagi ilmu te r kini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya   dan diaplikasikan dalam acara kerja sehari hari No. Soal                                      :   20 S o a l                                             : Pariwisata merupakan produk yang bersifat intangible , artinya ............. a. cuma mampu dirasakan sesudah produk dibeli dan dirasakan b. dapat dinikmati sebelum produk dibeli c. dapat dikenali lebih dulu   melalui selebaran d. produk mampu dipesan sesuai kehendak wisatawan e. tidak mampu diuangkan kembali   Kunci Jawaban                         : a           Kompetensi yang diuji               : Mengemas produk dan jasa pariwisata Indikator                                         : Program dikembangkan untuk menyanggupi keinginan elanggan/pasar    khusus berhubungan dengan: -     Anggaran -     Kesukaan kepada produk/layanan -     Kendala waktu -     Kegunaan                                                      Komponen program dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum   Jika dibutuhkan, persetujuan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan prosedur perusahaan.                                                      Program dijumlah pembiayaannya berdasarkan kebutuhan perusahaan dengan mengamati hal-hal yang perlu berikut: -     Komisi -     Kontrak kesepakatan -     Mark up/batas laba yang diinginkan -     Prosedur dan syarat pembayaran -     Implikasi nilai tukar uang -     Biaya karyawan -     Biaya penawaran spesial -     Biaya telekomunikasi   No. Soal                                           : 21 S o a l                                                 :   Dalam perkiraan harga paket perjalanan rekreasi, “tour guides fee” yang dibayar untuk per group, tergolong komponen.... a. ongkos tetap              b. ongkos variabel           c.biaya perhiasan        d. biaya pokok            e. ongkos tak terduga                    Kunci Jawaban                              : a               Kompetensi yang diuji                 : Mengemas produk dan jasa pariwisata Indikator                                          : Program dikembangkan untuk menyanggupi cita-cita elanggan/pasar    khusus berkaitan dengan: -     Anggaran -     Kesukaan terhadap produk/layanan -     Kendala waktu -     Kegunaan                                                      Komponen acara dikombinasikan dan diintegrasikan untuk menciptakan nilai dan daya jual yang maksimum                                                   Jika diharapkan, kesepakatan dibuat bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis berdasarkan mekanisme perusahaan.                                                      Program dijumlah pembiayaannya berdasarkan kebutuhan perusahaan dengan memperhatikan hal-hal yang perlu berikut: -     Komisi -     Kontrak kesepakatan -     Mark up/batas keuntungan yang dikehendaki -     Prosedur dan syarat pembayaran -     Implikasi nilai tukar duit -     Biaya karyawan -     Biaya promosi -     Biaya telekomunikasi   No. Soal                                           :   22 S o a l                                                :   A total fix cost devide total pax added total variable cost plus profit margin, is called .... a. nett selling price               b. net buying price                   c. total price                         d. buying price            e. selling price   Kunci Jawaban                              : b                                                    Kompetensi yang diuji                : Mengemas produk dan jasa pariwisata Indikator                                          : Program dikembangkan untuk memenuhi keinginan elanggan/pasar    khusus berhubungan dengan: -     Anggaran -     Kesukaan terhadap produk/layanan -     Kendala waktu -     Kegunaan                                                      Komponen acara dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum                                                     Jika diharapkan, persetujuan dibentuk bersama penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis menurut mekanisme perusahaan.                                                      Program dijumlah pembiayaannya menurut keperluan perusahaan dengan mengamati hal-hal yang perlu berikut: -     Komisi -     Kontrak persetujuan -     Mark up/batas laba yang dikehendaki -     Prosedur dan syarat pembayaran -     Implikasi nilai tukar uang -     Biaya karyawan -     Biaya penawaran khusus -     Biaya telekomunikasi No. Soal                                            : 23 S o a l                                           : Istilah FOC dalam layanan perjalanan rekreasi adalah ........... a. reduce harga sampai dengan 10%              b. tidak berlaku refund c. harga yang sudah disepakati bersama          d. bebas dari pajak pelayanan e. dibebaskan dari pembayaran sesuai akad   Kunci Jawaban                              : e   Kompetensi yang diuji                :     Memuktahirkan berita industri pariwisata Indikator                                          :    Membagi ilmu te r sekarang dengan pelang gan dan rekan kerja secukupnya   dan diaplikasikan dalam kegiatan kerja sehari hari   No. Soal                                           :    24 S o a l                                                :   The company who sales their product to the retailers, not direct to the public, is called ..... a. wholesaler            b. retailers         c. pagkager       d. datailer                 e. tour arranger   Kunci Jawaban                              :   a                                  Kompetensi yang diuji            :   Menyiapkan Penawaran harga paket rekreasi Indikator                                       :   Mencari, memilih dan mener-jemahkan informasi penghi-tungan produk secara akurat . Merundingkan biaya-ongkos dengan penyedia secara tepat sesuai dengan persetuuan/korelasi dagang . Mengaplikasikan mekanisme komisi/kenaikan harga secara akurat sesuai dengan mekanisme dan patokan perusahaan, pada tempatnya . Menghitung perubahan mata duit secara akurat jika diperlukan . Menghitung harga selesai terhadap pelanggan secara akurat   No. Soal                                        : 25 S o a l                                            :   A......is printed pamphlet about a place, product, or company that used for advertizing. a. newspaper               b. magazine                  c. media            d. news                       e. brochure   Kunci Jawaban                            : e     Kompetensi yang diuji                  :   Menyiapkan Penawaran harga paket rekreasi Indikator                                            :   Mencari, memilih dan mener-jemahkan isu penghi-tungan produk secara akurat . Merundingkan ongkos-ongkos dengan penyedia secara sempurna sesuai dengan persetuuan/kekerabatan dagang . Mengaplikasikan prosedur komisi/kenaikan harga secara akurat sesuai dengan mekanisme dan standar perusahaan, pada tempatnya . Menghitung pergeseran mata duit secara akurat kalau diperlukan . Menghitung harga tamat terhadap konsumen secara akurat   No. Soal                                             : 26 S o a l                                              :   Nett buying price a tour package is USD 100.00. If profit margin 20%, the net selling is... a. USD 120             b. USD 121      c. USD. 110     d. USD 130             e. USD 125 Kunci Jawaban                              : a   Kompetensi yang diuji                       : Memuktahirkan isu industri pariwisata Indikator                                                 : Membagi ilmu te r sekarang dengan pelang gan dan rekan kerja secukupnya dan diaplikasikan dalam acara kerja sehari hari No. Soal                                                 : 27 S o a l                                        : Dalam industri pariwisata terdapat suati kurun dimana terjadi kunjungan di suatu kawasan tujuan dalam jumlah kecil. Periode ini disebut.... a. low season          b. high season               c. peak season              d. average             e. booming Kunci Jawaban                                    :   a Kompetensi yang diuji            : Memperbaharui gosip tentang kawasan setempat Indikator                                       :   Membagi ilmu te r sekarang dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam kegiatan kerja sehari hari No. Soal                                       : 28 S o a l                                              : Perjalanan rekreasi atau umum disebut tour , memiliki ciri-ciri spesifik yang menawarkan acara wisatanya, terdiri dari komponen-bagian inti dari pariwisata, yaitu ............ a. transportasi, kemudahan, kedai makanan, souvenirs, budaya, budpekerti b. transportasi, obyek rekreasi, fasilitas, dan restoran c. intertaint, transportasi, fasilitas, kedai makanan dan souvenir d. atraksi rekreasi, transportasi, kemudahan, restoran, money changer    dan obyek wisata e. bank, transportasi, kemudahan, kedai makanan dan obyek wisata   Kunci Jawaban                           : b   Kompetensi yang diuji                :   Memuktahirkan berita industri pariwisata Indikator                                          :   Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja secukupnya dan diaplikasikan dalam kegiatan kerja sehari hari   No. Soal                                           :    29 S o a l                                                :    Pariwisata ialah industri jasa yang menunjukkan kepuasan dan kesenangan terhadap wisatawan yang tiba untuk bersenang-bahagia, dengan sikap yang ramah dan lingkungan yang “clean & safety” . Industri semacam ini disebut dengan .... a. industri jasa                      b. hospitality industry              c. unsmoked industry           d. chemical industry     e. industri ramah lingkungan   Kunci Jawaban                              : b     Kompetensi yang diuji                : Mengemas produk dan jasa pariwisata Indikator                                          : Program dikembangkan untuk menyanggupi impian elanggan/pasar    khusus berkaitan dengan: -     Anggaran -     Kesukaan kepada produk/layanan -     Kendala waktu -     Kegunaan                                                      Komponen acara dikombinasikan dan diintegrasikan untuk membuat nilai dan daya jual yang maksimum                                                    Jika diperlukan, kesepakatan dibentuk bareng penyedia dan dikonfirmasikan secara tertulis menurut mekanisme perusahaan.                                                      Program dihitung pembiayaannya berdasarkan kebutuhan perusahaan dengan mengamati hal-hal yang perlu berikut: -     Komisi -     Kontrak kesepakatan -     Mark up/batas laba yang diharapkan -     Prosedur dan syarat pembayaran -     Implikasi nilai tukar uang -     Biaya karyawan -     Biaya promosi -     Biaya telekomunikasi   No. Soal                                           : 30 S o a l                                                 : Biaya yang jumlahnya berubah sepadan dengan pergantian jumlah   penumpang/tamu, disebut.... a. fixed cost                b. variable cost             c. ekstracost      d. profit cost               e. selling price   Kunci Jawaban                              : b Kompetensi yang diuji               : Menyiapkan pemberian kedatangan dan keberangakatan Indikator                                        :   Informasi kedatangan tamu di check dan dicatat dengan sempurna, secepatnya diterapkan pada tindakan yang dibutuhkan untuk mengenali acara Sarana transportasi dikonfirma-sikan terhadap penyedia transportasi untuk waktu dan tempat yang sempurna No. Soal                                         :   31 S o a l                                              :   Kegiatan yang dilakukan pemandu wisata pada ketika check-in di hotel untuk aktivitas transfer-in adalah … a.     Membuat rooming list                    d.   Mengalungkan rangkaian bunga b.     Menunjukkan letak kamar e.   Menunjukkan money changer c.     Membagikan cinderamata   Kunci Jawaban                           :   d     Kompetensi yang diuji               : Menyiapkan santunan kedatangan dan keberangakatan Indikator                                        :   Informasi kedatangan tamu di check dan dicatat dengan tepat, segera diterapkan pada tindakan yang diharapkan untuk mengenali jadwal Sarana angkutandikonfirma-sikan terhadap penyuplaiangkutanuntuk waktu dan kawasan yang sempurna No. Soal                                         : 32 S o a l                                              : Untuk menemukenali (mencari) turis pada dikala transfer-in dapat dilakukan dengan cara… a.     Menggunakan asumsi                b.     Meminta sumbangan sesame guide                 c.     Meminta pertolongan polisi d.    Menggunakan professional judgement e.     Menggunakan papan nama (pager)   Kunci Jawaban                              : e   Kompetensi yang diuji           :   Menyiapkan santunan kedatangan dan keberangkatan Indikator                                     :   Informasi kedatangan tamu di check dan dicatat dengan tepat, secepatnya dipraktekkan pada tindakan yang diharapkan untuk mengenali agenda Sarana angkutandikonfirma-sikan terhadap penyedia angkutanuntuk waktu dan daerah yang tepat No. Soal                                      : 33 S o a l                                        : Persiapan yang harus dilaksanakan pada saat melakukan layanan transfer-out adalah … a.      Mengumpulkan tamu di lobi            d.Menginformasikan keberangkatan b.     Membagikan cinderamata                e.Menginformasikan hotel c.      Membuat passenger list   Kunci Jawaban                         :   a   Kompetensi yang diuji                : Memperbaharui isu tentang kawasan lokal Indikator                                          :   Sumber-sumber gosip kawasan setempat diidentifikasi dan diakses dengan    benar . Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada periode yang hendak tiba . Jenis-jenis isu yang sering diminta/ditanyakan oleh konsumen diidentifikasi dan ditawarkan, tergolong S arana transportasi lokal , Obyek/atraksi wisata setempat , Bea Cukai , Peraturan-peraturan kawasan lokal . Ekonomi daerah lokal No. Soal                                            : 34 S o a l                                                : Urutan komentar pemanduan untuk penyajian gastronomy ialah a.     Special interest, history, where is it, how to make b.     Special interest, history, how to make, where is it c.     Name, history, how to serve, special interest d.    Name, how to make, how to serve, how to get e.     Name, geography, how to serve, where is it     Kunci Jawaban                              : b   Kompetensi yang diuji                : Memperbaharui gosip perihal daerah setempat Indikator                                          : Sumber-sumber isu kawasan setempat diidentifikasi dan diakses dengan    benar . Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada era yang mau tiba . Jenis-jenis isu yang sering diminta/ditanyakan oleh pelanggan diidentifikasi dan ditawarkan, termasuk S arana transportasi setempat , Obyek/atraksi rekreasi setempat , Bea Cukai , Peraturan-peraturan kawasan setempat . Ekonomi kawasan setempat   No. Soal                                            : 35 S o a l                                                : “Ladies and gentlemen, on your lefthandside, you can see National Museum and people call that museum is elephant building because in front of the museum, there’s standing elepant statue made of bronze as a gift from King Chulalongkorn when he came to Jakarta in 1871” Keterengan di atas merupakan teladan guiding untuk tahap a.     Opening                                         d.   Ending b.     Commentary                                  e.   Greeting c.     Closing   Kunci Jawaban                              : b   Kompetensi yang diuji                :   Memperbaharui gosip perihal daerah lokal Indikator                                          : Sumber-sumber gosip tempat setempat diidentifikasi dan diakses dengan    benar . Informasi yang didapat dicatat dan disimpan untuk kegunaan pada masa yang mau tiba . Jenis-jenis info yang sering diminta/ditanyakan oleh konsumen diidentifikasi dan disediakan, termasuk S arana transportasi lokal , Obyek/atraksi rekreasi setempat , Bea Cukai , Peraturan-peraturan kawasan lokal . Ekonomi daerah lokal   No. Soal                                           : 36 S o a l                                                : “…Well everybody please let me know if you have some questions or perhaps you have some persoalan during the tour …” Kalimat tersebut disampaikan oleh pemandu pada ketika … a.     Berada di bis                      b.     Berada di bandara keberangkatan                         c.     Memulai pemanduan dalam sebuat tur d.    Mengakhiri perjalanan wisata e.     Akan berangkat dari obyek rekreasi   Kunci Jawaban                              : d                                                  Kompetensi yang diuji                :   Memuktahirkan info industri pariwisata Indikator                                          :   Membagi ilmu ter - kini dengan pelang gan dan rekan kerja secukupnya dan diaplikasikan dalam aktivitas kerja sehari hari No. Soal                                            : 37 S o a l                                                : Organisasi untuk hotel dan restauran di seluruh Indonesia, yakni a.    PHRI                      b. ASITA                c. HPI             d.    SKKI                  e. SKJ   Kunci Jawaban                              : a     Kompetensi yang diuji                 : Memuktahirkan informasi industri pariwisata Indikator                                           : Membagi ilmu ter - kini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam kegiatan kerja sehari hari No. Soal                                           : 38 S o a l                                           : Organisasi perusahaan travel distributor seluruh Indonesia, ialah .....   a.    PHRI          b. ASITA                c. HPI              d. SKKI          e. SKJ   Kunci Jawaban                              : b                                                             Kompetensi yang diuji             : Memuktahirkan info industri pariwisata Indikator                                      : Membagi ilmu te r sekarang dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya   dan diaplikasikan dalam acara kerja sehari hari   No. Soal                                        : 39 S o a l                                            :   Pelanggan mengeluh sebab mutu produk layanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Dalam hal ini tergolong pertentangan antara .... a. Perusahaan dengan konsumen b. Perusahaan dengan perusahaan c. Staff dengan staff d. Perusahaan dengan staff e. Pelanggan dengan konsumen   Kunci Jawaban                           :   a     Kompetensi yang diuji                : Menerbitkan tiket penerbangan internasional Indikator                                          : Sumber-sumber berita penerbangan internasional diidentifikasi dan diakses dengan benar                                                       Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, tergolong: -     Pembagian wilayah IATA -     Global Indicator -     International Sales Indicator -     Airline terminology -      Peraturan biasa dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan   No. Soal                                           : 40 S o a l                                                : Penumpang yang berbelanja tiket penerbangan Internasional dengan   jarak penerbangan melebihi jarak maksimum, maka dikenakan ... a. EMA           b. EMS             c. TPM d. MPM            e. HIF   Kunci Jawaban                              : b   Kompetensi yang diuji               : Menerbitkan tiket penerbangan domestik Indikator                                         : Penyusunan t berakal penerbangan dengan cara yang menciptakan tarif paling bagus dan mem-berikan laba perjalanan bagi konsumen No. Soal                                           :   41 S o a l                                                :   Komponen yang dibutuhkan untuk penghitungan tarif penerbangan domestik, ialah.... a. Fare + PPn + IW + FS b. Fare + PPn + IW c. Fare + IW + FS d. Fare – PPn + FS e. Fare + PPn   Kunci Jawaban                              : a   Kompetensi yang diuji                :   Menerbitkan tiket penerbangan domestik Indikator                                           : Penyusunan t bakir penerbangan dengan cara yang menghasilkan tarif   paling anggun dan mem-berikan keuntungan perjalanan bagi konsumen   No. Soal                                           : 42 S o a l                                                 : The appropriate area in the airport to ask for any lost baggage is .... a. Airport Security               b. Lost and Found Counter c. Airline Counter                d. Quarantine               e. Customs Kunci Jawaban                              : b                                                       Kompetensi yang diuji                 : Menerbitkan tiket penerbangan internasional Indikator                                          : Sumber-sumber isu penerbangan internasional diidentifikasi dan diakses dengan benar                                                   Informasi tariff penerbangan internasional diinterpretasikan dengan benar, termasuk: -     Pembagian daerah IATA -     Global Indicator -     International Sales Indicator -     Airline terminology -      Peraturan umum dan pembatasan-pembatasan perusahaan penerbangan   No. Soal                                            : 43 S o a l                                                : Sumber berita harga yang dipakai dalam pertimbangan harga tiket penerbangan internasional dengan aneka macam route perjalanan yang diterbitkan oleh IATA, adalah ... a. Fare Manual         b. Abacus         c. Time Table d. Offcial Airline Guide                  e. Passanger Air Tarif   Kunci Jawaban                              : e     Kompetensi yang diuji     : Memuktahirkan gosip industri pariwisata Indikator                               : Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja   secukupnya dan   diaplikasikan dalam acara kerja sehari hari   No. Soal                                : 44 S o a l                                    : Salah satu ciri Pariwisata yaitu ...... a.     Bersifat sementara b.     Tidak untuk mencari nafkah c.     Untuk bersenang-bahagia          d.    Kemabali ke daerah asal e.     Semua benar                                                             Kunci Jawaban                   :   e     Kompetensi yang diuji     :    Memuktahirkan berita industri pariwisata Indikator                               :   Membagi ilmu terkini dengan pelang gan dan rekan kerja seperlunya dan diaplikasikan dalam kegiatan kerja sehari hari   No. Soal                                : 45 S o a l                                    : Adaptasi dilingkungan kerja mencakup : a. Memperhatikan budaya yang berbeda b. Memperhatikan persamaan ekonomi c. Memperhatikan kesenangan pimpinan d. Memperhatikan kepentingan bareng e. Memperhatikan persamaan politik                                                              Kunci Jawaban                   :   d  
Sumber http://lets-sekolah.blogspot.com


EmoticonEmoticon