Friday, August 7, 2020

Soal Dan Kunci Tanggapan Kelas 10 Aqidah Adat

Ilmu kalam yakni ilmu yag membicarakan perihal wujud Allah, sifat-sifat yang wajib bagi-Nya, sifat-sifat yang jaiz bagi-Nya, perihal sifat-sifat yang ditiadakan dari-Nya, dan ihwal rasul-rasul Allah baik tentang sifat wajib, jaiz, dan mustahil dari mereka, ialah definisi ilmu kalam berdasarkan .... a.        Al Farabi b.       Ibnu Khaldun c.        Mutadla Muthahari d.       Mustafa Abdul Razaq e.        Syekh Muhammad Abduh 2.       Ilmu kalam disebut juga sebagai ilmu ushuluddin, alasannya adalah .... a.          Membahas adat insan terhadap Tuhan dan alam b.         Menguraikan dilema ketuhanan c.          Membicarakan ihwal pokok-pokok agama, yakni keimanan d.         Membicarakan pokok keyakinan agama dalam islam e.          Membicarakan pokok keimanan Pada masa kini ini banyak terdapat penyelewengan dalam keyakinan islam. Fungsi ilmu kalam yaitu .... a.          Menopang dan menguatkan metode nilai anutan islam yang berisikan iktikad, islam, dan ihsan. b.         Membuat satu akad dengan orang yang berakidah beda c.          Selalu memerangi orang yang tidak berakidah d.         Tidak bergaul dengan orang yang akidahnya jelek e.          Mempelajari metode keimanan agama lain semoga gampang untuk menyerangnya Menurut Hasan Al Banna, ruang lingkup ilmu kalam yang membahas wacana alam metafisika termasuk jin, syetan, dan iblis disebut .... a.        Illahiyat b.       Nubuwat c.        Ruhaniyat d.       Sam’iyat e.        Fiqhiyat Ruang lingkup ilmu kalam sungguh luas sekali di antaranya ..... a.        Berkaitan dengan perkembangan sejarah agama b.       Sejarah tentang perkembangan peradaban c.        Berkaitan dengan batin seorang mukmin d.       Berkaitan dengan dilema ibadah furu’iyah e.        Berkaitan dengan adanya hari kebangkitan, hisab, dan alam kubur Ilmu kalam disebut juga ilmu tauhid, alasannya .... a.        Ilmu yang mengajarkan ihwal keesaan Tuhan b.       Ilmu yang mengajarkan perihal keadilan ilahi c.        Ilmu yang membicarakan ihwal nalar d.       Ilmu yang mengajarkan ihwal wujud Tuhan e.        Ilmu yang mengajarkan wacana sifat-sifat Tuhan Golongan yang berpendapat bahwa manusia dipandang memiliki daya yang besar lagi bebas untuk merealisasikan perbuatannya sendiri, ialah .... a.        Mu’tazilah b.       Syi’ah c.        Ahlussunnah d.       Jabariyah e.        Asy’ariyah Hal-hal yang tidak memengaruhi perkembangan ilmu kalam bersumber dari Al Qur’an yaitu ..... a.        Al Qur’an membantah paham orang yang menyekutukan Allah Swt dengan berhala b.       Al Qur’an mengaharuskan kaum muslimin untuk mengembangkannya dan membelanya c.        Al Qur’an ialah mu’jizat paling besar dari Nabi Muhammad Saw d.       Al Qur’an di dalamnya terdapat ayat-ayat mutasyabihat yang mendorong insan untuk membahas dan memaknainya e.        Al Qur’an membantah paham orang yang mempertuhankan Nabi Isa as Dalam ilmu kalam, ilmu yang dijadikan alat untuk membenarkan ayat-ayat Al-Qur’an serta dijadikan bukti untuk membenarkan ayat Al-Qur’an tersebut ialah relasi antara ilmu kalam dengan ilmu .... a.        Mu’amalah b.       Ushuluddin c.        Fikih d.       Filsafat islam e.        Tasawwuf Pada abad Rosululloh Saw tidak terjadi perdebatan wacana ilmu dogma. Hal ini disebabkan alasannya .... a.        Permasalahan iktikad belum muncul b.       Semua masalah mampu ditanyakan langsung terhadap Rosululloh Saw c.        Pertikaian hanya buang-buang energi d.       Nabi Muhammad Saw tidak menyukai pertengkaran e.        Akidah masih murni pada waktu itu Golongan Khawarij beropini bahwa jabatan khalifah merupakan .... a.        Jabatan turun menurun ( monarchie absolute ) b.       Dipilih secara terbuka oleh umat (rakyat) c.        Dipilih oleh khalifah sebelumnya d.       Musyawarah anggota pimpinan khalifah e.        Dipilih oleh wakil rakyat 12.   Menurut pertimbangan khawarij bahwa iktikad ialah .... a.        Keyakinan dalam hati b.       Hanya diikrarkan saja c.        Diamalkan dalam bentuk tindakan d.       Keyakinan turun-temurun e.        Keyakinan dalam hati yang diikrarkan dengan lisan dan diamalkan dengan tindakan Ajaran inti Mu’tazilah terdiri atas at tauhid, al-adl, al –wa’ad wal wa’id, al-manzilah, bainal manzilataian, dan amar ma’ruf nahi mungkar. Al Wa’ad wal wa’id ialah .... a.        Keesaan Allah b.       Posisi diantara dua posisi c.        Janji dan bahaya d.       Keadilan e.        Perintah untuk berbuat baik dan larangan untuk berbuat jahat Aliran yang timbul disebabkan reaksi terhadap aliran Mu’tazilah yang diangap sungguh mengagung-agungkan akal disebut.... a.        Khawarij b.       Maturidiyah c.        Syi’ah d.       Murji’ah e.        Ahlussunnah wal jama’ah Akal insan mampu mengetahui mana yang bagus dan mana yang buruk, walaupun Allah tidak menurunkan agama. Pernyataan tersebut sesuai dengan iman dari pedoman .... a.        Khawarij b.       Qadariyah c.        Jabariyah d.       Syi’ah e.        Mu’tazilah Berikut ini nama tokoh aliran Al Maturidiyah ialah ..... a.        Abu Mansur Al Maturidi b.       Wasil bin Atha’ c.        Ja’ad bin Dirham d.       Ma’bad Al Jauhari e.        Hasan Al Basyri Orang yang taat akan mendapatkan pahala sedangkan orang yang durhaka akan mendapat siksa. Pernyataan di atas yakni komitmen dan bahaya berdasarkan usulan dari paham ..... a.        Mu’tazilah b.       Asy’ariyah c.        Khawarij d.       Al maturidiyah e.        Jabariyah Aliran yang menyakini bahwa Ali bin Abi Thalib ialah yang paling berhak memimpin umat islam setelah wafatnya Nabi Muhammad Saw adalah fatwa .... a.          Murji’ah b.       Jabariyah c.        Syi’ah d.       Qadariyah e.        Khawarij Orang mukmin yang melakukan dosa besar berdasarkan Asy’ariyah yaitu .... a.        Tetap dianggap mukmin selama dia masih beriman terhadap Allah Swt dan Rasul-Nya b.       Dijuluki kafir c.        Dimasukkan dalam surga d.       Dimasukkan dalam neraka e.        Dirajam dan diasingkan Salah satu keharusan Tuhan berdasarkan pemikiran mu’tazilah yakni .... a.        Memberikan rezeki bagi manusia b.       Mengirimkan Rosul c.        Berbuat adikara d.       Berbuat sesuai dengan sifat wajib-Nya e.        Menciptakan nalar dan menurunkan wahyu Golongan yang menunjukkan keinginan terhadap pelaku dosa besar untuk menerima pengampunan dari Allah yakni kalangan ..... a.        Asy’ariyah b.       Murji’ah c.        Khawarij d.       Syi’ah e.        Jabariyah                             Salah satu murid dari Hasan Al Basri yang mendirikan pedoman Mu’tazilah yakni ..... a.        Al Asy’ari b.       Abu Mansyur c.        Washil bin Atha’ d.       Gailan ad Dimasyqi e.        Al Jubba’i Aliran yang sepaham dengan aliran Mu’tazilah dalam pendapatnya tentang akal dan wahyu adalah ...... a.          Asy’ariyah b.       Khawarij c.        Murji’ah d.       Maturidiyah e.        Jabariyah Surga dan neraka tidak baka, dan akan hancur dan musnah bersama penghuninya, sebab yang infinit dan awet hanyalah Allah semata. Pendapat tersebut dikemukakan oleh aliran .... a.          Jabariyah b.       Qadariyah c.        Imam Bukhari d.       Asy’ariyah e.        Hambali Aliran yang timbul selaku reaksi atas sikapnya yang tak inginterlibat dalam upaya mengkafirkan orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tahkim disebut fatwa ..... a.        Murji’ah b.       Qadariyah c.        Ahlussunnah wal Jama’ah d.       Maturidiyah e.        Khawarij Aliran Maturidiyah digolongkan dalam teologi Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang ialah ajaran yang bercorak rasional. Tokoh aliran Al Maturidiyah yakni...... a.          Washil bin Atha’ b.       Abu Mansur Al Maturidi c.        Abu Hasan Al Asy’ari d.       Ali bin Abi Thalib e.        Mu’awiyah bin Abi Sufyan 27.   Aliran Khawarij berpandangan bahwa pelaku dosa kecil dan besar ialah .... a.        Diampuni oleh Allah b.       Disiksa di dunia c.        Termasuk kafir d.       Dimasukkan ke neraka e.        Dimasukkan ke nirwana 28.   Dalam aliran ilmu kalam kita juga mengenal anutan Qadariyah yang rasionalis seperti anutan Mu’tazilah. Menurut pedoman Qadariyah, orang yang berdosa besar itu adalah .... a.        Bukanlah kafir, dan bukanlah mukmin, namun fasik dan awet di neraka b.       Termasuk kafir dan awet di neraka c.        Termasuk mukmin sejati d.       Tetap dianggap mukmin selama dia masih beriman terhadap Allah dan Rosul-Nya e.        Masuk nirwana tanpa hisab Golongan Syi’ah mempunyai pemikiran pokok perihal Taqiyah. Pandangan Syi’ah terhadap Taqiyah yaitu .... a.        Sikap berhati-hati demi menjaga keselamatan jiwa b.       Menaati  imam ialah sebagian dari rukun iktikad c.        Keyakinan akan dihidupkan kembali sejumlah hamba Allah d.       Hari berkabung untuk memperingati wafatnya imam Husain bin Ali bin Abi Thalib e.        Menaati ulama merupakan sebagian dari iman 30.   Perhatikan hal berikut ! 1.       Bersih dan rapi 2.       Tidak ketat dan tidak tipis 3.       Transparan 4.       Menyerupai pakaian musuh jenis 5.       Pakaian tipis Dari hal diatas, yang ialah syarat pakaian islami ialah .... a.        1 dan 3 b.       3 dan 5 c.        4 dan 5 d.       1 dan 2 e.        2 dan 4 1 E 11 B 21 B 2 C 12 E 22 C 3 A 13 C 23 D 4 C 14 E 24 A 5 E 15 B 25 A 6 A 16 A 2 6 B 7 A 1 7 D 2 7 C 8 C 1 8 C 2 8 A 9 D 19 A 29 A
Sumber http://lets-sekolah.blogspot.com


EmoticonEmoticon