Sabtu, 05 September 2020

10 Negara Yang Mempunyai Hutang Terbanyak Di Dunia

Di zaman ini, pertumbuhan di setiap negara mengalami peningkatan di segala bidang. Tak terkecuali di negara meningkat mirip Indonesia. Pembangunan infrastruktur di segala bidang tentu saja membutuhkan dana yang tinggi. Tidak heran dana tersebut kadang kala mesti meminjam dari negara lain atau meminjam dari Bank Dunia. Hal tersebut juga berlaku terhadap negara – negara maju di dunia. Demi mengembangkan kemakmuran masyarakatnya, pemerintah dari setiap negara maju tidak tanggung – tanggung untuk “berhutang” terhadap Bank Dunia yang pasti jumlahnya pasti tidaklah sedikit. Lalu negara mana saja yang mempunyai hutang tertinggi di dunia? Apakah Indonesia masuk di dalamnya? Berikut ini daftar negara yang memiliki hutang terbanyak di dunia, antara lain:



  1. Amerika Serikat


Seperti yang dimengerti, Amerika Serikat negara Adi Kuasa ini juga memegang perekonomian paling besar di dunia dan termasuk negara dengan ekonomi terbaik. Hal ini juga beriringan dengan besarnya jumlah hutang yang dimilikinya. Ketika hutang nasional melebihi GDB negara di tahun 2019 (108,1%), pada ketika tahun 2007 Amerika Serikat memiliki tingkat GDB sekitar 62,5%. Pemerintah Amerika Serikat menghabiskan sekitar 6% dari anggaran bulanan untuk membayar bunga bantuan, di mana secara signifikan meminimalisir jumlah uang yang tersedia untuk mendanani program – program lain. Perekonomian Amerika Serikat berkembang di sektor post-industri dan didominasi oleh unsur – bagian aktif yang berdasarkan pada pengetahuan dan pelayanan. Di lain hal dalam melaksanakan pembayaran pemberian, pemerintah dapat menghemat pengeluaran negara yang bedampak pada perlambatan kemajuan ekonomi atau menaikan pajak untuk memajukan pemasukan negara.



  1. Jepang


Pemerintahan Jepang mempunyai hutang nasional kurang dari setengah hutang yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Akan tetapi, Jepang memiliki hutang nasional GDB dua kali lebih banyak adalah 236% di tahun 2019. Hal ini pertanda bahwa Jepang berada di posisi finansial yang sulit. Ekonomi nasional Jepang berkembang sangat lambat dari yang sudah diperkirakan atau diantisipasi oleh para mahir ekonomi beberapa tahun terakhir. Akibatnya Bank Pusat terpaksa menurunkan suku bunga untuk berusaha mengembangkan perekonomian Jepang. Pada tahun 2016, hutang kepada GDB yang dimiliki Jepang pernah tercatat meraih 250,4%. Namun, Jepang sendiri menerima banyak keuntungan dan pendapatan di bidang ketenagakerjaan yang memiliki sangat hebat dan warganya yang berpendidikan tinggi di dunia.



  1. Yunani


Negara yang populer dengan bangunan di kurun kerajaan Yunani antik ini masuk ke dalam negara dengan jumlah hutang terbanyak di dunia. Hutang nasional negara ini berkisar 379 milyar dollar Amerika terlihat kecil dibandingkan dengan negara Jepang. Namun, tingkat GDB ratio meraih 175% dan ini diperparah dengan tingginya tingkat pengangguran yang nyaris merata di negara ini. Kreditor Internasional sudah melaksanakan tebusan berulang kali di negara ini sejak dimulainya krisis pada tahun 2010. Dan pemerintah terus berusaha untuk mengembalikan hutang negara agar kembali ke kondisi semula.



  1. Italia


Hingga saat ini, pemerintah Italia masih terus berusaha untuk mempertahankan perekonomiannya yang cenderung berkembang dengan lambat. Tidak cuma itu saja, tingkat pengangguran di negara ini sangat tinggi selama periode waktu tiga tahun terakhir setelah tahun 2007. Pada quarter pertama di tahun 2017, Bank Italia menghadapi krisis lagi sesudah sebelumnya pernah menghadapi hal serupa. Hutang nasional negara ini meraih 2,48 triliun dollar Amerika dengan GDB sebesar 137,81%. Meskipun demikian, Italia masuk ke dalam negara dengan tingkat perekonomian yang tinggi di dunia. Italia juga masuk ke dalam anggota national di United Nation, the North American Treaty Organization, the OSCE, the OECD, the United Nation, the World Trade Organization, G20, G7, the World Trade Organization dan masih banyak lagi.



  1. Portugal


Negara Portugal telah mengalami kesusahan dalam mengatasi persoalan finansialnya yang sudah dimulai semenjak tahun 2010 dan sudah mendapatkan pinjaman dana dari Bank Dunia pada tahun tersebut. Portugal telah melaporkan bahwa kebijakan fiskal mereka telah kembali, namun tingkat hutang nasional mereka masih ada berupa GDB. Hal ini mengindikasikan jika tingkat perekonomian mereka belum sepenuhnya stabil. Pada simpulan tahun 2016, tingkat GDB ratio mereka meraih 130,4%. Presentase tersebut meningkat menjadi 138,08% di pertengahan tahun 2017. Perekonomian Portugal condong lemah dan lambat dalam pertumbuhannya di quarter ketiga pada tahun 2016.



  1. Singapura


Singapura populer sebagai salah satu negara terkaya di dunia, namun Singapura juga memiliki jumlah hutang GDB ratio termasuk tinggi. Pertumbuhan ekonomi negara ini berkembang cukup lambat sebesar 0,6% pada tahun 2016. Angka ini tergolong level yang kecil sejak krisis finansial global pada tahun 2008. Untuk pertama kalinya di quarter kedua pada tahun 2017, Singapura dilaporkan mengalami perkembangan meskipun masih dibilang lambat dan rawan terkena resesi. Namun demikian, Siangapura masuk ke dalam peringkat tiga besar selaku pasar pertukaran abnormal, paling besar jual beli dan pengolahan minyak, dan sentra finansial paling besar.



  1. Belgia


Negara ini cukup aktif dalam mengikuti revolusi industri dan menstabilkan beberapa kelompok di Afrika sejak periode ke 20. Belgia masuk ke dalam wilayah pemerintah Eurozone terkaya, meskipun negara ini masih memiliki hutang nasional negara. Negara ini juga mempunyai beberapa sumber daya alam dan masih bergantung materi mentah yang diimport dari negara lain. Hutang nasional negara ini menurut GDP ration meraih 100% pada tahun 2019. Belgia satu dari enam negara yang ikut bertanggung jawab dalam pembentukan European Union. Belgia juga menjadi perwakilan resmi dari The Council of the European Union, the European Council, the European Commission, dan the European Parliament yang berlokasi di ibu kota, Brussels.



  1. Prancis


Sudah semenjak dahulu, Prancis populer di dunia dengan nilai filosofi, pengetahuan dan seni. Prancis masuk  nomor tiga terbesar berdasarkan UNESCO sebagai negara yang mempunyai bangunan antik paling besar. Selain itu, setiap tahunnya ada sekitar 83 milyar hadirin dan pelancong datang ke negara ini. Pada tahun 2019, Prancis memiliki hutang national GDB sebesar 98%. Seperti halnya negara lain di benua Eropa, Prancis juga anggota dari the European Union, the Eurozone, the G7, the North Atlantic Treaty Organization, the World Trade Organization dan masih banyak lagi.



  1. Spanyol


Negara yang berada di benua Eropa ini lebih diketahui dengan istilah Negeri Matador dan juga negara yang pernah menjajah Indonesia, tenyata mengalami keterpurukan ekonomi telah terjadi semenjak bertahun-tahun yang kemudian. Para mahir ekonomi memprediksi bahwa perekonomian negara ini akan tumbuh menjadi berpengaruh pada tahun 2017. Hal ini terbukti dari hutang nasional GDB yang perlahan turun selama dua tahun terakhir, dari yang semula mencapai 105,76% pada tahun 2019 mencapai 96%.



  1. Siprus


Siprus mulai timbul sejak Yunani memiliki problem nasional ekonomi. Sejak tahun 2012 hingga 2013, Siprus mempunyai pengalaman krisis finansial yang ialah hasil dari kombinasi Bank Sipriot yang terlalu mengekspos properti perusahaan – perusahaan dan waktunya berdekatan dikala terjadinya krisis finansial di Yunani. Hutang nasional GDB Siprus pada permulaan tahun 2019 mencapai 94%.


Itulah tadi beberapa negara yang memiliki hutang terbanyak di dunia. Semoga gosip ini mampu bermanfaat.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon