26. The Law of Deminishing Marginal adalah buku yang membahas tentang …. a. menurunnya produksi marginal b. bertambahnya faktor produksi c. berkurangnya produksi rata-rata d. bertambahnya produksi e. bertambahnya nilai batas 27. Perluasan produksi dengan kemampuan dan peralatan yang ada tanpa menambah faktor produksi, hal tersebut merupakan pengertian dari ....... a. Diversifikasi b. Ekstensifikasi c. Intensifikasi d. Mekanisasi e. Rasionalisasi 28. Sejumlah barang dan jasa yang diinginkan untuk dibeli atau dimiliki pada berbagai tingkat harga yang berlaku dipasar dan waktu tertentu, adalah pengertian dari . . . . a. permintaan b. penawaran c. distribusi d. konsumsi e. produksi 29. Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. 1) biaya produksi 2) harga barang itu sendiri 3) intensitas kebutuhan 4) harga barang yang berkaitan 5) perubahan teknologi Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah …… a. 1, 2, dan 3 b. 1, 2, dan 4 c. 1, 3, dan 4 d. 2, 3, dan 4 e. 3, 4, dan 5 30. Apabila harga turun, maka jumlah permintaan akan naik, dan sebaliknya apabila harga naik, maka jumlah permintaan akan turun, adalah . . . . a. Hukum permintaan b. Hukum penawaran c. Hukum Gossen I d. Hukum Gossen II e. Hukum dagang 31. Keinginan seseorang untuk membeli barang yang tidak disertai dengan daya beli disebut ….. a. permintaan marginal b. permintaan submarginal c. penawaran potensial d. permintaan absolute e. pembeli super marginal 32. Di bawah ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. 1) harga barang 2) biaya produksi 3) selera 4) teknologi 5) tingkat pendapatan Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran adalah ….. a. 1, 2, dan 3 b. 1, 2, dan 4 c. 2, 3, dan 4 d. 3, 4, dan 5 e. 1, 3, dan 5 33. Pergeseran kurva permintaan perubahan harga mengakibatkan perubahan permintaan. Jika harga naik, maka jumlah permintaan akan berkurang, maka ….. a. kurva akan bergeser ke kiri b. kurva akan bergeser ke kanan c. kurva akan bergeser ke atas d. kurva akan bergeser ke bawah e. kurva tetap 34. Jika diketahui fungsi permintaan Qd = 20 – P, fungsi penawaran Qs = -8 + 3P, maka harga keseimbangannya adalah ….. a. 7 ; 13 b. 7 ; 14 c. 8 ; 15 d. 9 ; 16 e. 9 ; 17 35. Jika fungsi permintaan adalah Qd = 250 – 0,5P, sedangkan harga barang adalah Rp 150,00/unit, jumlah barang yang diminta adalah …. a. 75 unit b. 100 unit c. 150 unit d. 175 unit e. 250 unit 36. Fungsi permintaan sepatu dilambangkan oleh Qd = 890 – 2P. Jika jumlah barang yang diminta 450, maka sepasang sepatu dihargai ….. a. Rp 220,00 b. Rp 225,00 c. Rp 230,00 d. Rp 260,00 e. Rp 280,00 37. Tingkat kepekaan jumlah barang yang diminta karena perubahan harga disebut ….. a. elastisitas harga permintaan b. elastisitas harga penawaran c. elastis uniter d. inelastis sempurna e. koefisien elastis 38. Prosentase perubahan harga lebih kecil daripada prosentase perubahan permintaan, maka koefisien elastisitasnya adalah …… a. E = 0 b. E = 1 c. E d. E > 1 e. E 39. Tempat dimana pedagang dan pembeli berafiliasi satu dengan yang lain, baik secara eksklusif maupun tidak pribadi dan dalam kawasan mana pertukaran terjadi, disebut ….. a. pasar b. supermarket c. toko d. bursa e. toserba 40. Perhatikan pernyataan berikut ! 1) pembentuk nilai harga 2) penghasil barang 3) mencari laba 4) pendistribusian 5) penawaran spesial Pernyataan diatas yang termasuk fungsi pasar adalah ….. a. 1, 2, dan 3 b. 1, 2, dan 5 c. 1, 3, dan 4 d. 1, 4, dan 5 e. 3, 4, dan 5 41. Berikut yang bukan ciri-ciri pasar kompetisi sempurna yaitu …… a. barang yang diperjual belikan bersifat homogeny b. jumlah pedagang dan pembeli banyak c. harga diputuskan oleh permintaan dan penawaran d. adanya fleksibilitas masuk atau keluar pasar e. distribusi produk relatif tanpa hambatan 42. Suatu bentuk pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan, sedangkan jumlah pembeli banyak, disebut ….. a. pasar monopoli b. pasar monopsoni c. pasar oligopoli d. pasar monopolistik e. pasar oligopsoni 43. Terjadinya penemuan dan penerapan teknologi gres yang sangat pesat. Hal tersebut alasannya adanya persaingan yang ketat, sehingga munculah motifasi untuk berlomba dalam bidang bikinan. Pernyataan diatas ialah kebaikan …… a. pasar oligopoli b. pasar oligopsoni c. pasar monopoli d. pasar monopolistik e. pasar kompetisi sempurna 44. Peningkatan penawaran buatan tenaga kerja disebabkan oleh ….. a. bertambahnya jumlah penduduk b. perkembangan industri c. upah kerja yang senantiasa meningkat d. tingginya laba usaha e. kemajuan dibidang teknologi produksi 45. Pasar Monopolistik mengandung pengertian bahwa ….. a. situasi pasar kompetisi yang didasarkan pada produksi barang yang beragam b. ada banyak perusahaan yang menghasilkan barang yang serupa c. ada banyak perusahaan yang memproduksi beragam barang d. ada beberapa perusahaan yang menghasilkan produk yang sama e. cuma satu perusahaan yang menghasilkan satu produk barang 46. Suatu pasar terdiri lebih dari satu produsen atau pedagang disebut pasar ….. a. kompetisi tepat b. oligopoli c. kompetisi monopolistik d. monopsoni e. monopoli 47. Kegiatan perjuangan dan tugas wirausaha mesti didorong supaya meningkat , alasannya bertambah banyak wirausaha yang dimiliki Negara semakin baik. Maka dibawah ini yang bukan peran wirausaha yaitu ….. a. memperluas lapangan kerja b. menghambat timbulnya monopoli c. mengembangkan ketersediaan barang/jasa d. mendorong timbulnya free fight liberalisme e. mengembangkan penanaman modal dalam negeri 48. Yang ialah teori keuntungan pebisnis yaitu ….. a. teori agio b. teori harga derifasi tanah c. teori residu d. teori pengorbanan e. teori produktifitas 49. Nilai balas jasa yang diterima oleh faktor produksi tanah disebut ….. a. Rent b. Interest c. Profite d. Distribusi pendapatan e. Wage 50. Harga Rp 2,00 penawaran 2 unit, harga Rp 3,00 penawaran 5 unit. Fungsi penawarannya ialah ….. a. Qs = 3P – 4 b. Qs = 4P – 5 c. Qs = 5P – 6 d. Qs = 5P – 7 e. Qs = 6P – 8 II. Uraikan ! 1. Bagaimana pendapat anda, ketersediaan sumber daya manusia dan sumber daya alam di Indonesia ? 2. Sebutkan 5 ciri metode ekonomi liberal ! 3. Sebutkan 5 peran produsen kepada acara ekonomi ! 4. Jika harga barang Rp 90/unit, maka ajakan 10 unit. Dan bila harga barang Rp 70/unit, maka jumlah usul 20 unit. Tentukan persamaan fungsi permintaannya ! 5. Bagaimana peran iptek kepada jenis dan struktur pasar? Jelaskan ! pembahasan 41 C 42 C 43 A 44 A 45 C 46 C 47 D 4 8 C 49 A 50 A 1 . PEDOMAN PENSKORAN Kunci/KriteriaJawaban/Aspek yang dinilai Skor Ketersediaan sumber daya insan yang ada di Indonesia sudah cukup banyak. Banyak orang-orang yang mampu menjadi usahawan. Sedangkan sumber daya alam yang berada di Indonesia sangatlah berlimpah ruah, namun dengan adanya kebutuhan manusia yang tak terbatas, maka sumber daya alam dapat mengalami kelangkaan. 10 Skor Maksimum 10 2 . PEDOMAN PENSKORAN Kunci/KriteriaJawaban/Aspek yang dinilai Skor 1. Semua alat dan sumber buatan berada di tangan perseorangan, penduduk , dan perusahaan. 2. Adanya pembagian kelas, ialah kelas pemilik dan kelas pekerja. 3. Adanya persaingan antar pengusaha. 4. Motif terutama yaitu keuntungan atau kepentingan diri atau perusahaan sendiri. 5. Bergantung pada metode harga. 2 2 2 2 2 Skor Maksimum 10 3 . PEDOMAN PENS KORAN Kunci/KriteriaJawaban/Aspek yang dinilai Skor 1. Sebagai penghasil barang atau jasa yang ditujukan untuk menyanggupi keperluan pelanggan. 2. Sebagai pemakai atau pengguna faktor-faktor buatan yang dimiliki oleh pelanggan. 3. Dapat menghipnotis kebijakan pemerintah dalam rangka memajukan produksinya. 4. Memperlancar penyediaan barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen. 5. Dapat memajukan Produk Domestik Bruto (PDB) sehingga akan meningkatkan kesejahteraan bangsa. 2 2 2 2 2 Skor Maksimum 10 4. PEDOMAN PENS KORAN Kunci/KriteriaJawaban/Aspek yang dinilai Skor P - P 1 P 2- P 1 = Q - Q 1 Q 2- Q 1 10P – 900 = -20Q + 200 P - 90 70-90 = Q - 10 20-10 20Q = -10P + 1100 P - 90 - 20 = Q - 10 10 Qd = -0,5P + 55 10 Skor Maksimum 10 5. PEDOMAN PENS KORAN Kunci/KriteriaJawaban/Aspek yang dinilai Skor Berikut peran iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar : 1. Perluasan pasar, jangkauan pasar dari produk yang disediakan pedagang semakin luas dan mampu mencapai seluruh pelosok dunia. 2. Memperpendek jarak, jarak antara pembeli dan penjual menjadi kian akrab dengan adanya perlindungan internet. 3. Perluasan jaringan kawan kerja, baik produsen maupun konsumen dari berbagai bagian dunia, tanpa batas negara, mampu saling bekerjasama dalam membuatkan acara ekonominya. 4. Meningkatkan citra perusahaan, gambaran perusahaan mampu secara cepat berkembang alasannya jangkauan internet yang sangat luas dan aktif. 5. Mempermudah jalan masuk informasi, produk mampu secara mudahdan cepat menyebar ke seluruh dunia, sehingga masyarakat kandidat pembelidapat dengan mudah mengakses info kapan dan di mana saja. 2 2 2 2 2 Skor Maksimum 10 Sidoarjo , 13 November 2017 Pe nyusun Naskah Soal Ratih Puspita Sari, S.Pd
Sumber http://lets-sekolah.blogspot.com
pop
Wednesday, November 11, 2020
Soal Dan Pembahasan Lintas Minat Ekonomi Kelas X
Diterbitkan November 11, 2020
Artikel Terkait
- 1. Di bawah ini yang bukan uraian sebab akibat ialah: A. Pe
- 1. Berikut penyebab-penyebab tidak terbatasnya keperluan insan, kecuali . . . . A.
- 1. Salah satu teknik pembuka rapat adalah... A. Mengulan
- 1. Kedudukan yang menawarkan peran, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang
- 1 Apa yang dimaksud dengan dasar salap Hidrokarbon ! 2 Jelaskan cara/ tata cara pe
- 1. Berikut ini yang tidak termasuk alat musik tradisional adalah …. A
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
EmoticonEmoticon