SOAL ANCHOR UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 201 8 /2019 Mata Pelajaran : Biologi IPK No. Ujian Utama menentukan persamaan reaksi pada respirasi seluler (aerob) 1. Perhatikan persamaan reaksi kimia di bawah Persamaan reaksi aerob C 6 H 12 O 6 + ..(a).. 6 CO 2 + 6H 2 O + 38 ATP . Molekul (a) adalah .... A. 6O 2 B. CO 2 C. 2O 2 D. H 2 O E. Sinar matahari menyimpulkan hasil percobaan keaktifan enzim katalase 2. Perhatikan tab e l hasil percobaan enzim katalase berikut! No Ekstrak hati dengan Perlakuan Gelembung Udara 1 H 2 O 2 Suhu 37 o C ++ 2 H 2 O 2 Suhu 15 o C - 3 H 2 O 2 Suhu 60 o C - 4 H 2 O 2 pH 3 - 5 H 2 O 2 pH 7 ++ 6 H 2 O 2 pH 12 - Dari data percobaan enzim katalase di atas mampu disimpulkan bahwa .... A. Pada suhu dan pH rendah enzim aktif B. Enzim melakukan pekerjaan pada pH 7 dan suhu 37 0 C C. Kerja enzim dipengaruhi oleh pH dan suhu D. pH dan suhu kurang kuat pada kerja enzim E. Aktivitas enzim dipengaruhi suhu, namun tidak dipengaruhi pH. mengklasifikasi kuman berdasarkan bentuknya 3. Perhatikan gambar di bawah ini: Manakah yang merupakan bentuk kuman Staphylococcus aureus dan Streptococcus thermophilus ... A. a dan b B. c dan d C. a dan e D. b dan d E. d dan e Mengklasifikasi jamur menurut ciri spora seksual dan tubuh buahnya 4. Perhatikan gambar-gambar jamur di bawah ini : Jamur yang pembentukan sporanya di dalam basidium, ditunjukkan oleh gambar .... A. A B. B C. C D. D E. E Menganalisis ciri-ciri jamur menurut ciri morfologi dan anatominya 5. Perhatikan tabel ciri-ciri jamur berikut ini : Ciri Zygomycota Ascomycota Basidiomycota Struktur tubuh Memiliki miselium bercabang banyak dan tidak bersekat Talus yang terdiri dari miselium bersekat Hifa bersepta dengan sambungan apit Reproduksi aseksual Reproduksi seksual Spora non motil Konjugasi, zigospora Konidiofor Askospora - Basidiospora Perhatikan pula gambar spora jamur di bawah ini : Manakah yang memberikan hubungan yang sempurna antara ciri dan gambar spora jamur sesuai tingkatan taksonnya .... A. Zygomycota – A, Ascomycota – B, Basidiomycota – C B. Zygomycota – A, Ascomycota – C, Basiodiomycota – B C. Zygomycota – B, Ascomycota – C, Basidiomycota – A D. Zygomycota – B, Ascomycota – A, Basidiomycota – C E. Zygomycota – C, Ascomycota – B, Basidiomycota - A Mengaitkan pengaruh polusi kepada pergeseran lingkungan dan kesehatan 6. Perhatikan 3 gambar berikut ini : Berdasarkan 3 gambar tersebut di atas, di bawah ini disuguhkan keadaan perubahan lingkungan dan kesehatan sebagai imbas dari peristiwa pada 3 gambar tersebut : A. Eutrofikasi, banjir, akhir hayat plankton B. Global warming, hujan asam, menipisnya lapisan ozon C. Bau yang tidak sedap, rembesan air kotor ke tanah, penyakit menular Pasangan yang sempurna untuk gambar dan dampaknya, yakni : A. A dengan A, B dengan B, C dengan C B. A dengan B, B dengan C, C dengan A C. A dengan C, B dengan B, C dengan A D. A dengan C, B dengan A, C dengan B E. A dengan B, B dengan A, C dengan C Mengklasifikasikan makhluk hidup menurut ciri, sifat dan tempat hidupnya 7. Jika kamu spesialis klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki ciri-ciri, termasuk organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, menemukan masakan dengan menyerapnya dari lingkungan, sebagian habitatnya di darat, berisikan sel eukariotik dan memiliki dinding sel. Ke dalam kingdom manakah kamu akan mengklasifikasikan organisme tersebut? A. Kingdom animalia B. Kingdom monera C. Kingdom protista D. Kingdom fungi E. Kingdom plantae Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri, sifat dan kawasan hidupnya 8. Sekelompok siswa SMK memperhatikan seekor cacing yang mempunyai ciri-ciri berikut : · Tubuh pipih, tidak bersilia · Memiliki bentuk tubuh oval · Panjang badan 3-5 cm · Pada bagian lisan meruncing · Memiliki alat penghisap kait · Hermaprodit Berdasarkan hasil observasi tersebut, mampu dipastikan bahwa cacing tersebut ialah .... A. Fasciola hepatica B. Taenia saginata C. Planaria sp D. Ascaris lumbricoides E. Diphyllobothrium latum Menerapkan konsep dan mekanisme bioteknologi 9. Berikut ini adalah beberapa nama hasil pengolahan pangan. 1) Tempe 2) Tahu 3) Roti 4) Mie 5) Kecap 6) Saus tomat Di antara hasil pembuatan pangan tersebut di atas, yang ialah produk bioteknologi konvensional yaitu .... A. 1, 2, 3 B. 1, 3, 5 C. 4, 5, 6 D. 2, 4, 6 E. 2, 3, 4 Menentukan ciri-ciri bioteknologi konvensional 10. Seorang siswa melakukan percobaan menciptakan asinan sawi Kimchi , dengan cara memfermentasi sayuran sawi dalam sebuah toples yang tertutup rapat dengan memakai lembaran plastik. Disertai dengan pinjaman air dan garam 2,5%, sehabis 3 – 5 hari kemudian, dihasilkan asinan sawi kimchi yang mempunyai rasa asam dan aroma yang khas. Berdasarkan langkah kerjanya, maka siswa tersebut telah melaksanakan salah satu proses bioteknologi yang bersifat : A. konvensional, karena cuma menggunakan teknologi dan perlengkapan yang sederhana B. konvensional, sebab ongkos yang dibutuhkan relatif sedikit / murah C. terbaru, alasannya adalah kimchi merupakan masakan yang berasal dari negara korea D. modern, alasannya adalah dengan penambahan garam 2,5% akan menimbulkan pergeseran DNA mikroorganisme yang dipakai E. terbaru, alasannya adalah proses fermentasi ialah aktivitas yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu dan di zaman kini telah mengalami perkembangan yang sungguh pesat
Sumber http://lets-sekolah.blogspot.com
pop
Wednesday, June 17, 2020
Soal Biologi
Diterbitkan June 17, 2020
Artikel Terkait
- 16. Komunikasi yang ialah aba-aba yang menunjukkkan kemesraan atau keakrapan disebut ..
- 1. Sebuah bentuk penyajian teater yang memprioritaskan gerak selaku bahasa. Teater ini
- 1. Deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967 yang ditandatangani oleh lima menteri ma
- 26. Berikut ini bukan tergolong hal-hal yang menyebabkan hilangnya kewarganegaraan RI i
- SOAL PAS EKONOMI KLS XI 1. Bagi sebuah Negara
- 1. Sebulan yang lalu Mikail diberhentikan dari perusahaannya, alasannya adalah
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
EmoticonEmoticon