*CIRI CIRI WAHABI* 15 masalah atau ciri-ciri (atau mampu lebih) yang mana bila terdapat pada diri seseorang maka tidak disangsikan lagi sebagai pengikut Wahabi. Berikut ciri-cirinya: 1. Bukan semua individu yang meninggalkan bacaan Qunut itu dikira selaku Wahabi, namun semua orang yang menyerupakan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan makhlukNya dan mensifatkanNya dengan anggota maka tidak disangsikan lagi beliau yakni Wahabi. (Lihat: Kitab Tanbihat Fi Rad ‘Ala Man Tawwala al-Sifaat, Karangan Ibn Baz, terbitan Riasah ‘Ammah Lilifta’, Riyad, hlm 19). 2. Bukan semua individu yang meninggalkan Shalat Sunnah Qabliyyah sebelum Jum’at itu dikira sebagai Wahabi, namun semua orang yangmengkafirkan al-Asy’ariyyah dan al-Maturidiyyah serta menghalalkan darah mereka itu maka tidak disangsikan lagi beliau adalah Wahabi. (Lihat: Kitab Min Masyahir al-Mujaddidin Fi Islam, terbitan Riasah ‘Ammah Lilifta’, Riyadh, hlm 32. Kitab Fathul Majid karangan Abdul Rahman, terbitan Maktabah Darul Salam Riyadh, hlm 353. Kitab Manhaj Asya’irah fil Aqidah, karangan Dr Safar al-Hawali, hlm 5, 16 dan 29. Kitab Lal-Maturidiyyah Wamauqifuhum Minal Asma’ Wa Sifaat, karangan Syamsul Salafi al-Afghani, 10,11 dan 44. Kitab al-Tauhid, terbitan tahun 1423 H, hlm 66-67, dimana ulama Wahabi Soleh Fauzan al Wahhabi berkata: فهؤلاء المشركون هم سلف الجهمية والمعتزلة والأشاعرة “Maka kelompok musyrik tersebut yaitu salaf firqah al-Jahmiyyah, al-Muktazilah dan al-Asya’irah (Asy’ariyyah)”. 3. Bukan semua individu yang tidak mengumandangkan adzan sebanyak 2 kali pada hari Jum’at itu dikira sebagai Wahabi, tetapi siapa saja yang mengkafirkan umat Islam yang bertawassul dengan Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam dan menghalalkan darah serta harta mereka maka tidak disangsikan lagi dia ialah Wahabi. (Lihat: Kitab al-Tauhid karangan Shaleh Fauzan, hlm 70). 4. Bukan semua individu yang meninggalkan majelis Tahlil (Tahlilan) kepada si mayyit itu dikira selaku Wahabi, namun siapa saja yang mensifati Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan duduk bersemayam, menetap, bergerak, dan berpindah-randah maka tidak disangsikan lagi dia yaitu Wahabi. (Lihat: Kitab Fathul Majid, karangan Abdul Rahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahhab, cetakan Darul Salam, Riyadh, hlm 356. Kitab Fatawa Aqidah, karangan Ibn al-Utsaimin, hlm 742). 5. Bukan semua individu yang mendakwa dan mendengungkan dia mengikut al-Quran dan as-Sunnah itu dikira selaku Wahabi, namun siapa pun yang mengkafirkan orang yang mengikut mazhab-mazhab yang muktabar (mirip madzhab Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Hanbali), menghalalkan darah mereka serta menilai taqlid kepada imam-imam mazhab itu yakni syirik maka tidak disangsikan lagi beliau ialah Wahabi. (Lihat: Kitab al-Din al-Khalish, karangan al-Qanuji, jilid 1 hlm 140 dibilang: تقليد المذاهب من الشرك “Mengikut mazhab-mazhab yang muktabar ialah syirik”. Dengan ini, mereka telah mengkafirkan dominan umat Islam di seluruh dunia pada hari ini dan umat Islam sebelumya yang berzakat dan bertaklid terhadap mazhab-mazhab yang empat). 6. Bukan semua individu yang membayar zakat Fitrah dengan mengeluarkan materi kuliner seperti beras itu Wahabi, namun siapa pun yang melarang atau mengharamkan perjalanan dengan tujuan untuk menziarahi maqam Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam itu maka tidak diragukan lagi beliau ialah Wahabi. (Lihat: Kitab Tahqiq Wal Idhoh Likathir Min Masail al-Haj Wa al-‘Umrah, hlm 88, 89, 90,dan 98). 7. Bukan semua individu yang meninggalkan ucapan Sayyidina “سيدنا” dikala bersholawat terhadap Nabi Muhammad Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam itu dikira selaku Wahabi, tetapi siapa saja yang mengharamkan majelis Maulid Nabi dan mengkafirkan pelakunya maka tidak disangsikan lagi beliau yakni Wahabi. (Llihat: Kitab al-Tauhid, karangan Shaleh bin Fauzan, Riyadh, hlm 166 dan 120. Kitab Tahzir Min al-Bid’ah, karangan Ibn Baz, hlm 3, 4, 5 dan 5). 8. Bukan semua individu yang tidak mengamalkan membaca Quran Surah Yasin (Yasinan) pada malam Jum’at adalah Wahabi, tetapi siapa pun yang mengharamkan bacaan al-Alquran terhadap orang yang sudah meninggal dunia maka tidak disangsikan lagi ia yakni Wahabi. (Lihat: Kitab Taujihaat Islamiyyah, karangan Muhammad Zainu, Riyadh. Hlm 137). 9. Bukan semua individu yang meninggalkan doa dan dzikir sesudah shalat itu dikira sebagai Wahabi, namun semua orang yang mengharamkan amalan bertabarruk dengan Rasulullah Shollallohu ‘Alaihi wa Alihi wa Shohbihi wa Sallam dan menuduh orang yang melakukannya dengan syirik serta menghalalkan darah mereka maka tidak disangsikan lagi dia ialah Wahabi. (Lihat: Kitab Islamiyyah La Wahhabiyyah, karangan Nashir bin ‘Abdul Kareem Al-‘Aqal, hlm 87. Kitab Tahzir al-Sajid Min Ittikhaz al-Qubur Masajid, hlm 68-69). 10. Bukan semua individu yang tidak melafadzkan niat (mirip niat shalat Usholli, niat Puasa Ramadhan, dll) itu dikira selaku Wahabi, namun siapa saja yang meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala duduk atau bersemayam di atas ‘Arasy (langit) maka tidak diragukan lagi beliau yakni Wahabi. (Lihat: Kitab Majalah Haji, Edisi 9 jilid 11, 1415 Hijriyyah, Makkah 73-74). 11. Bukan semua individu yang mengatakan bahwa pahala bacaan al-Quran (seperti hadiah Al-Fatihah) tidak hingga kepada si mayyit melainkan dengan cara berdoa itu dikira sebagai Wahabi, tetapi siapa saja yang mengingkari kenabian Adam ‘Alaihis Salammaka tidak diragukan lagi beliau dalah Wahabi. (Lihat: Kitab al-Iman bil Anbiya’ Jumlatan, karangan Abdullah bin Zaid, cerakan Maktabah Islami, Beirut. Kitab Syarah Thalathah al-Ushul, karangan Muhammad bin Shaleh Al-Utsaimin, Dar al-Thurauyya Linnasyr, hlm 149). 12. Bukan semua individu yang melarang pembangunan di atas kuburan yang diwakafkan itu dikira selaku Wahabi, namun siapa pun yang mengkafirkan para Sufi dan menganggap pembunuhan kepada kelompok Sufi yaitu sebuah masalah yang wajibmaka tidak diragukan lagi ia ialah Wahabi. (Lihat: Kitab Majmu’ al-Mufid Min ‘Aqidah al-Tauhid, Maktabah Darul Fikr, Riyadh, hlm 102). 13. Bukan semua individu yang mensifati Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan istiwa’ dikira selaku Wahabi, namun siapa pun yang mentafsirkan istiwa’ yang warid di dalam al-Quran dengan makna duduk bersemayam (الجلوس) maka tidak diragukan lagi beliau yakni Wahabi. (Lihat: Kitab Nazarot Wa Ta’aqubat ‘Ala Ma Fi Kitab Al-Salafiyyah, karangan Shaleh bin Fauzan, Cetakan Darul Watan Riyadh, hlm 40). 14. Bukan semua individu yang tidak menyebut sifat 20 di dalam kitab-kitab mereka dikira selaku Wahabi, namun semua orang yang mensifatkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan anggota tubuh maka tidak diragukan lagi beliau yaitu Wahabi. (Lihat: Kitab Tanbihaat Fi Rod ‘Ala Man Taawwala al-Sifat, karangan Bin Baz, hlm 19). 15. Bukan semua individu yang tidak mengusap tangan ke tampang sehabis berdoa dikira sebagai Wahabi, tetapi siapa pun yang mengharamkan ucapan Shodaqollohul ‘Adzim (صدق الله العظيم) sesudah selesai membaca al-Alquran, maka tidak disangsikan lagi beliau adalah Wahabi. (Lihat: Kitab Majalah Buhuth Islamiyyah, terbitan Riyasah Buhuth Al-‘Alamiyyah wa al- Ifta’, Edisi 45 tahun 1416 H, Riyadh, hlm 94. Kitab Taujihaat al-Islamiyyah, karangan Muhammad Zainu, hlm 81. Kitab al-Bahthu wa al-Istiqra’ Fi Bida’ al Qurra’, karangan Dr Muhammad Musa Nasr)
Sumber http://lets-sekolah.blogspot.com
pop
Tuesday, August 25, 2020
15 Masalah Ciri Ciri Wahabi
Diterbitkan August 25, 2020
Artikel Terkait
- 1. Pastikan studi sesuai dengan minat Hal pertama tentu kau harus mengetahui apa beke
- Cara Praktis Install Ubuntu 10.10 Langkah-langkah Install Ubuntu ini ditulis atas s
- *Pengajian Online balagh Romadlon Kitab Salaf di pondok pesantren sarang* *1. PP. Al-
- 8 belakang layar perihal penggunaan AC yang perlu kamu pahami 1.Suhu 26℃ dari AC yaitu s
- NAT Dan SPI By Ki Grinsing Prakata Kita sering mendengar istilah Network Addres
- Tahun pembelajaran 2019/2020 merupakan tahun pertama dimana mata pelajaran Informatika
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
EmoticonEmoticon