Kelas VIII Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yakni (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) wawasan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut diraih melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, bahu-membahu), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut diraih lewat pembelajaran tidak pribadi ( indirect teaching ), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan keadaan akseptor latih. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dijalankan sepanjang proses pembelajaran berjalan dan dapat digunakan sebagai usulanguru dalam membuatkan karakter peserta bimbing lebih lanjut. Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini. Kompetensi Dasar Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) 3. Memahami wawasan (aktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden terlihat mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah positif (memakai, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah absurd (menulis, membaca, mengkalkulasikan, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. Kompetensi Dasar Kompetensi Dasar Jaringan Komputer/Internet 3.1.1 Mengenal Internet dan jaringan setempat, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi). 3.1.2 Mengenal konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel ( bluetooth , wifi, broadband ). 3.1.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi susukan terhadap yang tak berhak. 4.1 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan setempat maupun internet. Algoritma dan Pemrograman 3.2 Memahami bahwa bagaimana insan berinteraksi dengan komputer lewat algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi banyak sekali suasana. 4.2.1 Membuat robot yang bisa menggambar atau menulis dengan program sederhana. 4.2.2 Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya. 4.2.3 Memakai arahan kondisional Dampak Sosial Informatika 3.3.1 Mengenal lebih dalam pertumbuhan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan sehari-hari. 3.3.2 Mengenal media sosial dan dampaknya. 4.3 Memakai media sosial dengan baik dan berguna, dengan mengamati privasi dan hak orang lain. Berpikir Komputasional (Tematis) 3.4 Computational Thinking untuk problem komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya 4.4 Menyelesaikan problem-duduk perkara komputasi yang mengandung jejaring, teladan, dan algoritmik. Praktik Lintas Bidang (Tematis) 3.5 (*) 4.5.1 Menumbuhkan budaya informatika dan TIK melalui berpikir komputasional ( Fostering computing culture ). 4.5.2 Kolaborasi lewat tematik. 4.5.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problema- problema yang dapat tertuntaskan dengan versi komputasi. 4.5.4 Developing and using abstractions (membuatkan dan menggunakan abstraksi 4.5.5 Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer. 4.5.6 Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi. 4.5.7 Communicating about computing Mengkomunikasikan wacana informatika melalui pengungkapan secara ekspresi pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK. Keterangan: (*) tidak ada Kompetensi Dasar
Sumber http://lets-sekolah.blogspot.com
pop
Friday, October 23, 2020
Ki Kd Informatika Kelas 8
Diterbitkan October 23, 2020
Artikel Terkait
- Untuk memakai kamera yang ada pada laptop, biasanya memerlukan aplikasi untuk membukanya,
- Sejarah Perkembangan E-Learning Dalam sejarahnya, awal mula munculnya e-learning per
- Hai teman jufrikablog mungkin sebagian sobat sudah mengunakan Windows 8.1 bahkan sampai w
- Di abad kini ini, komputer bertambah banyak di gunakan. salah satu acara aplikasi yang se
- Perkembangan pengguna smartphone yang setiap tahun terus melambung dan harga yang beranek
- Sort newet to oldest untuk mengurutkan data tanggal dari tanggal terkini ke tanggal terl
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
EmoticonEmoticon