Kamis, 13 Agustus 2020

Karakteristik Bahari Merah Dan Fakta-Faktanya

Laut atau samudera merupakan badan air terbesar di Bumi. Bentuk- bentuk permukaan Bumi terdiri atas perairan dan daratan. Bahkan, jumlah daratan dan perairan pun lebih banyak perairan dimana perairan ini mencapai 2/3 bab dari Bumi. Dan badan air yang paling besar yakni laut atau samudera. Perbedaan air dengan samudera intinya yaitu luasnya. Laut condong lebih sempit ketimbang samudera, meskipun keduanya mempunyai air yang asin.


Meskipun jika kita perhatikan samudera dan maritim bergandengan dan menyatu, tetapi tetap saja ada batas- batas yang mengakhirinya. Beberapa samudera yang ada di Bumi antara lain yakni Samudera Hindia, Samudera Pasifik, Samudera Arktik, Samudera Atlantik. Sementara ada pula beberapa laut yang sungguh terkenal, mirip Laut Cina selatan, Laut Merah, Laut Hitam dan Laut Mati. Setelah beberapa waktu yang kemudian kita membicarakan perihal Laut Cina Selatan, kali ini kita akan membahas tentang Laut Merah. Laut yang terkenal akan sejarahnya yang melegenda.


Letak Laut Merah


laut merahLaut merah ialah maritim yang berada di kawasan jazirah Arab. Laut Merah ialah lautan yang bentuknya tidak terlampau luas tetapi cukup panjang. Laut Merah atau Laut Teberau ialah sebuah teluk yang berada di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan dua benua yaki Benua Asia dan Benua Afrika. Jalur laut di sebelah selatan melalui Babul Mandib dan Telk Aden, sementara di sebelah Utara terdapat Semenanjung Sinai dan juga Teruzan Suez.


Lebar laut ini terlebar ialah 300 km dan panjangnya meraih 1.900 km, dengan titik terdalam meraih 2.500 m.  Laut Merah memiliki nama yang unik yang dihubungkan dengan sejarahnya. Namun sebetulnya nama tersebut hanyalah penamaan saja sementara warna laut sendiri yang merah mampu diterangkan secara ilmiah. Berikut ini merupakan karakteristik yang dimiliki oleh Laut Merah.


Karakteristik Laut Merah


Laut Merah yakni salah satu laut yang populer di dunia. Tentunya Laut Merah memiliki standar khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh maritim lain. Adapun tolok ukur yang dimiliki oleh Laut Merah antara lain sebagai berikut:



  • Bentuk lautnya condong memanjang dan kurang lebar


Salah satu karakteristik yang dimiliki oleh Laut Merah adalah dilihat dari bentuknya. Laut Merah ini ialah bahari yang bentuknya cenderung memanjang, dimana lebar bahari ini hanya sekitar 300 km, sedangkan panjangnya meraih 1.900 km. sehingga apabila dilihat dari angkasa bahari ini akan terlihat menyempit.



  • Ditumbuhi oleh beberapa spesies karang


Laut Merah juga ialah bahari yang dihuni oleh beberapa spesies karang. Terkadang biota laut satu inilah yang menciptakan warna laut ini menjadi merah sehingga pada akibatnya bahari ini pun disebut sebagai Laut Merah.


Nah itulah beberapa karakteristik yang mencolokyang dimiliki oleh Laut Merah. Kemudian ada fakta- fakta yang mempesona yang dimiliki oleh Laut Merah. Apa sajakah fakta- fakta tersebut? Yuk kita bahas bareng .


Fakta- fakta Mengenai Laut Merah


Beberapa fakta mempesona yang dimiliki oleh Laut Merah antara lain selaku berikut:



  1. Merupakan tempat ditenggelamkannya Fir’aun yang merupakan musuh dari Nabi Musa. Hal ini didukung dengan observasi yang memperoleh sisa- sisa bangkai kereta dan juga tulang- tulang insan.

  2. Merupakan maritim yang paling asin di dunia, dimana kadar keasinannya meraih 40%.

  3. Merupakan maritim yang paling panas di dunia.

  4. Merupakan laut yang arusnya paling hening di dunia

  5. Merupakan jalur perdagangan yang penting di era lalu.


Nah itulah beberapa fakta menawan yang dimiliki oleh Laut Merah. Demikianlah berita yang mampu kami sampaikan tentang Laut Merah. Semoga Bermanfaat untuk kita semua.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon