Minggu, 16 Agustus 2020

Negara Chili : Karakteristik – Sistem Pemerintahan – Perekonomian

Salah satu negara berdaulat yang berada di benua Amerika dan masuk ke dalam negara Amerika Selatan adalah Republik Chili atau dalam bahasa Spanyol adalah Republica de Chile. Beribu kota Santiago, negara Chili terbagi ke dalam 3 zona. Zona pertama diketahui dengan nama Chili kontinental yang ialah daratan utama, berbentukjalur sempit berlokasi di panti barat Kerucut Selatan. Panti barat Kerucut Selatan membujur dari pesisir tenggara Samudra Pasifik hingga Andes dengan panjang 4.270 km. Negara Chili memiliki batas darat dengan Peru di sebelah utara, Argentina dan Bolivia di sebelah timur dengan panjanga keseluruhan mencapai 6.339 km dan pada bab selatan memiliki batas dengan Selat Drake.


Pada zona kedua negara Chile disebut dengan Chili insular atau Chili Kepulauan. Zona ini ialah kumpulan dari pulau – pulau vulkanik yang berada di Samudra Pasifik pada bagian selatan. Terdapat pulau Paskah dan Isla Salas y Gómez, kedua pulau tersebut jikalau dilihat secara geografis terletak pada Polinesia. Pada bagian selatan juga terdapat Kepulauan Juan Fernández dan Kepulauan Desventuradas, diketahui kalau kedua kepulauan tersebut masuk Amerika Selatan.


Sedangkan pada zona ketiga merupakan Teritori Antartika Chili yang mempuyai luas mencapai 1.250.257,6 km2 di Antartika. Zona tersebut terletak di 53o BB dan 90o BB yang oleh negara Chili telah diklaim sebagai daerah kedaulatannya. Daerah ini berbatasan pada pribadi dengan Kutub Selatan dan memiliki klaim yang ditundadi dalam Sistem Traktat Antartika. Sistem Traktat Antartika sendiri membuat Chili (sebagai salah satu anggota) harus melepaskan klaimnya sebab tidak ikut serta di dalam tata cara traktat. Namun, Chili menyatakan bahwa negara tersebut ialah negara tiga benua, hal ini didukung oleh letaknya yang berada di Benua Amerika, Antartika serta Oseania.


Negara Chili mempunyai iklim yang cukup beragam, mulai dari iklim sedang di bagian selatan, lalu iklim mediterania pada bab tengah, dan iklim paling kering di dunia berupa iklim gurun di bab utara yang terdapat Gurun Atacama. Pada bab utara yang atau Gurun Atacama, terkenal sebagai kawasan penghasil tembaga yang melimpah jumlahnya. Sedangkan pada bab tengah, daerah ini merupakan sentra dari kegiatan politik dan kebudayaan serta mempunyai jumlah populasi penduduk yang lumayan banyak. Pada bagian selatan, sebagian besar kawasan ini berupa hutan dan juga padang rumput, beberapa gunung berapi serta danau.


Sistem Pemerintahan Negara Chili


Setelah mengalami aneka macam macam peristiwa, pada tahun 1980an Pinochet yang ialah pemimpin dari rekonstruksi negara yang telah disusun oleh Chicago Boys, yang dikala itu memperkenalkan versi neoliberal dalam memajukan kemajuan ekonomi yang dikenal dengan sebutan Keajaiban Chili. Di dikala yang serupa, Pinochet juga harus mengembalikan Chili dalam demokrasi hingga pada puncaknya terjadi referendum pada tanggal 5 Oktober 1988. Hasilnya sekitar 56% bunyi memilih “tidak”. Sehingga Jendral Pinochet ditolak untuk menjabat kembali 8 tahun untuk era kepresidenan yang kedua, hingga kesudahannya Augusto Pinochet berhenti pada tanggal 11 Maret 1990.


Sehingga pada tahun 2006 pada bulan Januari, rakyat Chili memilih Michelle Bachelet Jeria sebagai presiden perempuan pertama yang berasal dari Partai Sosialis yang dikala itu sukses mengalahkan Sebastian Pinera dari Partai Pembaruan Nasional. Hingga pada tahun 2010, Sebastian Pinera terpilih menjadi presiden dari sayap kanan pertama dalam 20 tahun terakhir.


Negara Chili yakni negara kesatuan demokratis yang mempuyai metode presidensial. Pada sistem presidensial, terdapat banyak sekali institusi otonom yang telah dikendaki konstitusi dengan fungsi tertentu dan tidak sama dengan akidah tradisional pemisahan kekuasaan. Saat ini Chili menggunakan konstitusi pada referendum nasional yang sudah disetujui pada tanggal 11 September 1980 yang saat itu dipimpin oleh Augusto Pinochet, dan sudah menjadi dokumen fundamental negara sejak tanggal 11 Maret 1981.


Untuk lembaga administrator, khususnya untuk di bagian pemerintah dan manajemen publik dikepalai oleh Presiden Republik yang menjabat sebagai kepala negara serta kepala pemerintahan. Menurut hukum konstitusi, presiden akan menjabat selama 4 tahun dalam satu kali jabatan, dan setelahnya tidak mampu menjabat kembali. Kementrian Chili akan ditunjuk oleh Presiden Republik sebagai kawan pribadi dalam pemerintahan dan juga administrasi negara. Sedangkan dalam forum administrasi regional bertanggung jawab terhadap Pemerintah Regional, daerah Provinsi dipimpin oleh Gubernur yang ditunjuk oleh pribadi oleh Presiden, dan lembaga administrasi lokal ditanggungjawabkan oleh munisipalitas yang terdiri atas wali kota dan pemerintah dewan  pengelola yang telah diseleksi oleh rakyat itu sendiri.


Perekonomian Negara Chili


Negara Chili menjadi salah satu negara yang paling makmur dan juga paling stabil di Amerika Selatan. Termasuk ke dalam negara Amerika Latin yang diperhitungkan untuk pembangunan insan, keleluasaan ekonomi, globalisasi, daya saing, pemasukan per kapita serta persepsi korupsi yang terbilang rendah. Chili memiliki ketidaksetaraan ekonomi yang tinggi, sehingga pada bulan Mei 2010 Chili menjadi negara Amerika Selatan pertama yang ikut bergabung dalam OECD. Dan pada tahun 2006, negara ini menjadi negara dengan PDB nominal per kapita tertinggi di Amerika Latin.


Keuangan di negara ini juga sudah tumbuh dengan begitu cepat bertahun-tahun terakhir. Hal ini didukung dengan adanya perundang – undangan reformasi tentang perbankan yang sudah disetujui pada tahun 1997 untuk memperluas serta memperbolehkan pihak gila di bank – bank Chili. Hingga pada 10 tahun terakhir, sebagian besar masyarakat Chili dapat menikmati beberapa peranti keuangan gres seperti opsi dan futura mata uang, penyewaan, kartu debit, pinjaman ekuitas rumah dan lain sebagainya.


Sektor pariwisata juga mendukung perekonomian di Chili, dan sudah mengalami peningkatan sekitar 13,6% pada tahun 2005 dengan 1,5 milyar berasal dari turis aneh. Negara Chile memberikan tempat – kawasan menawan seperti Lembah Bulan, peninggalan suku Inka, danau Altiplano di San Pedro de Atacama, Pulau Paskah di Samudra Pasifik yang terkenal dengan patung tampang yang berskala raksasa, hingga gunung berapi Parinacota dan Pomrape. Sedangkan pada ekspresi dominan panas, tempat – daerah di sekeliling pesisir menjadi tujuan utama bagi para pelancong dan pantai di wilayah tersebut populer selaku lokasi selancar terbaik di Amerika Selatan.


Penduduk Di Chili


Chili termasuk negara yang majemuk. Sebagian besar penduduk Chili ialah keturunan dari Spanyol sedangkan kaum minoritas berasal dari Irlandia, Prancis, Jerman, Italia, Inggris, Kroasia dan Swiss. Namun, ada sumber yang mengatakan bila sebagian besar masyarakat Chili terbagi menjadi dua kalangan utama adalah Eropa dan Eropa – Mestizo.


Secara de facto, bahasa resmi negara ini adalah Spanyol dengan memakai dialek bahasa Spanyol Chili. Selain bahasa Spanyol terdapat bahasa asli Chili ialah bahasa Aymara, bahasa Rapa Nui, bahasa Huilliche sedangkan bahasa Jerman digunakan di beberapa tempat di Chili bab selatan. Terdapat beberapa bahasa yang sudah punah di negara ini antara lain, Diaguita, Chono, Tehuelche (Aonikenk), Kunza dan lain – lain.


Fakta Unik Negara Chili



  1. Nama Chili berasal dari kata chilli yang artinya di mana daratan rampung.

  2. Termasuk negara terpanjang yang membentang dari utara hingga selatan.

  3. Negara Chili memiliki setidaknya terdapat 1.300 gunung dan beberapa di antaranya merupakan gunung api terbesar di dunia dan masih aktif sampai saat ini. Gunung api tersebut antara lain gunung Cerro Arul, Cerro Hudson, dan Villarrica.

  4. Mempunyai lima situs warisan dunia UNESCO yakni Taman Nasional Rapa Nui, Gereja Chiloe, Humberstone dan Santa Laura Saltpeter, Sewell Mining Town, dan Kota Pelabuhan Valparaiso.

  5. Terdapat Danau Chungara yang ialah danau tertinggi, sebab lokasinya berada jauh dari atas permukaan laut.

  6. Memiliki bandara paling terpencil di dunia, yaitu Banda Internasional Mataveri di Pulau Paskah.

  7. Pernah mengalami gempa bumi dengan skala magnitudo 9,5 pada tahun 1900 dan menewaskan lebih dari 1.500 jiwa.


Itulah tadi berita tentang negara Chili. Semoga mampu memperbesar pengetahuan Anda wacana negara ini.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon